MUNCUL UBAN SAAT MASIH REMAJA? SIMAK 6 PENYEBABNYA YUK

January 16, 2024 | Dea

rambut uban, uban rambut, cara mengatasi rambut uban pada usia muda, cara mengatasi rambut ubanan, penyebab rambut uban pada usia muda, rambut uban kenapa, rambut uban pada usia muda, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda munculnya uban dan penuaan merupakan proses alami yang terjadi saat seseorang berusia lebih lanjut. Namun, munculnya uban pada usia remaja dapat menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Uban Pada Remaja

Berikut ini beberapa penyebab munculnya uban pada remaja, antara lain:
 

1. Genetika dan Faktor Keturunan

Studi NCBI menunjukkan bahwa genetika memainkan peran penting dalam munculnya uban pada usia remaja. Jika ada sejarah keluarga yang mengalami uban dini, kemungkinan besar seseorang juga akan mengalaminya.
 

2. Stres dan Kondisi Emosional

Stres dan masalah emosional yang berlangsung lama dapat memengaruhi keseimbangan hormon tubuh, yang pada gilirannya dapat mempercepat penuaan dan munculnya uban. Selain itu, stres yang berlangsung lama dapat berdampak pada warna rambut.
 

3. Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Munculnya uban pada usia muda dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu, terutama zat besi, vitamin B12, dan vitamin D. Produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut, dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang tidak seimbang.
 

4. Penyakit Autoimun

Vitiligo salah satu penyakit autoimun, dapat menyebabkan kerusakan pigmen pada folikel rambut dan munculnya uban. Gangguan sistem kekebalan tubuh dapat berkontribusi pada proses ini.
 

5. Paparan Zat Kimia dan Polusi

Paparan zat kimia berbahaya dan polusi lingkungan dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan uban. Paparan berterusan terhadap zat-zat ini juga dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berdampak negatif pada kesehatan rambut.
 

6. Perubahan Hormonal dalam Pubertas

Selama pubertas, perubahan hormonal juga dapat memengaruhi warna rambut. Perubahan hormonal ini juga dapat memengaruhi produksi melanin, yang dapat menyebabkan munculnya uban pada usia remaja.

Berbagai faktor, termasuk genetika, stres, nutrisi, penyakit, paparan zat kimia, dan perubahan hormonal, berkontribusi pada munculnya uban pada usia remaja. Meskipun beberapa faktor ini tidak dapat dihindari, menjaga pola hidup sehat, mengelola stres, dan memastikan rambut mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup, dapat membantu menjaga rambut tetap sehat.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dermatologi atau dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6290285/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/gray-hair-facts

YesDok Ads