MUNCUL UBAN PADA REMAJA, MUNGKINKAH PENUAAN DINI?

September 17, 2023 | Dea

uban, rambutputih, remaja, penuaandini, stress

Sobat YesDok pernahkah anda melihat atau mengalami sendiri seseorang yang masih terbilang pada usia remaja tumbuh beberapa rambut putih atau yang dikenal sebagai uban. Hal ini tentunya mengagetkan karena umumnya proses tumbuhnya uban terjadi pada lansia.
 

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi beberapa orang tua yang memiliki anak dengan kondisi seperti ini. Banyak orang tua yang menganggap bahwa hal ini karena terjadinya penuaan dini terhadap anaknya.
 

Namun hal ini tidak lah benar adanya, sobat YesDok harus mencari tahu lebih dalam faktor-faktor yang membuat tumbuhnya uban pada usia remaja, sebagai berikut.



 

Penyebab Tumbuh Uban


 

Tumbuhnya uban disebabkan karena folikel rambut menghasilkan lebih sedikit warna seiring bertambahnya usia. Jika rambut mengalami kematian lalu beregenerasi kemungkinan rambut akan tumbuh dengan warna abu-abu pada saat usia 35 tahun keatas.
 

Rambut manusia terdiri dari dua melanin yaitu eumelanin dan pheomelanin. Keragaman warna rambut muncul dari rasio melanin tersebut. Eumelanin menghasilkan warna hitam dan coklat, sedangkan pheomelain menghasilkan warna coklat kemerah-merahan. Hipotesis dari ph dan tingkat sistein melanosom mempengaruhi fenotipe rambut. 


 

Berikut ini beberapa kemungkinan munculnya uban di usia muda, antara lain:


 

  • Faktor Genetik

Orang tua yang memiliki riwayat timbul uban saat usia muda, akan mewariskan sifat tersebut kepada keturunannya. Selain itu, faktor perbedaan ras memiliki kemungkinan munculnya uban di usia muda antara lain, ras Kaukasia kemungkinan muncul uban di usia 20 tahun, ras Asia muncul di usia 25 tahun, sedangkan ras Afrika-Amerika di usia awal 30 tahun.

 

  • Stres Oksidatif

Hal ini dapat memicu ketidakseimbangan antioksidan yang berdampak pada ketidakmampuan dalam melawan radikal bebas (molekul yang merusak sel). Hal ini mendorong kemungkinan timbulnya penyakit Vitiligo, hal ini dapat mengubah rambut menjadi putih karena kematian sel melanin yang menyebakan hilangnya fungsi sel.

 

  • Autoimun Alopecia Areata

Kondisi ini dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga ketika rambut tumbuh kembali akan muncul dengan warna putih karena kekurangan melanin.
 

  • Kekurangan Vitamin
     

          Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan cepatnya proses penuaan dini sehingga memungkinkan munculnya uban lebih cepat.  Kekurangan seng dan tembaga,  kekurangan nutrisi asam folat dan kekurangan vitamin D.

 

  • Faktor Lingkungan

Efek dari proses kimiawi dari produk tertentu, paparan polusi udara, sinar UV dapat menyebabkan rambut jadi tidak berwarna. Paparan asap rokok juga menjadi salah satu faktor pemicu penuaan dini.



 

Penanganan Muncul Uban


 

Oleh karena itu, anda harus lebih memperhatikan asupan vitamin dan kondisi psikologi anak anda agar terhindar dari tumbuhnya uban di usia muda. Untuk penanganannya mulai dari pemenuhan nutrisi yang baik bagi tubuhnya serta ciptakan gizi yang seimbang. Seperti mengonsumsi buah-buahan, sayuran, minyak zaitun susu dan ikan.

 

Namun jika hal ini membuat anak anda kehilangan kepercayaan diri, anda dapat membatunya dengan mengecat rambutnya dengan pewarna yang tentunya sudah dipastikan aman bagi kulitnya agar terhindar dari reaksi alergi.

 

Namun anda perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter agar dapat didiagnosis lebih mendalam terkait kesehatan anak anda, agar dapat dilakukan penanganan segera mungkin. 

 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok

tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh. 


 

REFERENSI


 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288#prevention-and-reversing-premature-white-hair

https://www.healthline.com/health/childrens-health/white-hair-in-kids#treatment

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6290285/

YesDok Ads