MERASA RELATE SAMA TAROT DAN ZODIAK, KENALIN BARNUM EFFECT YUK!

October 09, 2023 | Dea

barnumeffect, ramalan, zodiak, tarot, mbti, prediksi, trik, sulap, magic, sirkus, keyakinan

Sobat YesDok, kamu pasti pernah beberapa kali membaca ramalan zodiak atau ramalan astrologi, kartu tarot, kepribadian berdasarkan golongan darah, garis telapak tangan, dsb. Segala hal yang menyangkut suatu prediksi kepribadian ataupun masa depan seseorang, yang sulit dibuktikan secara ilmiah.



 

Kemungkinan pada awalnya hanya sebatas penasaran dan menganggap hal tersebut sekedar hiburan semata. Tetapi, seiring perkembangan zaman modern, banyak sekali para generasi muda dengan segala kemudahan akses bacaan, menggemari ramalan-ramalan tersebut.



 

Pasalnya, hal ini berisi konten yang memberikan peringatan atau  dukungan dan saran bagi setiap orang secara general. Oleh karena itu, banyak  generasi muda menjadi targetnya karena mereka umumnya sedang di fase krisis identitas. Terkait kecocokan antara kepribadian dan ramalan tersebut merujuk pada suatu fenomena yang disebut sebagai barnum effect. 


 

Untuk mengetahui kelanjutan dari penjelasan barnum effect, sebaiknya anda menyimak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 







 

Mengenal Barnum Effect


 

Barnum effect merupakan suatu fenomena yang mempengaruhi psikologis seseorang terkait persepsi dan interpretasi. Hal ini ditandai dengan keyakinan seseorang terhadap prediksi dan penilaian kepribadian yang dirangkum dalam suatu bacaan yang sifatnya umum dan meluas. 



 

Prediksi ataupun ramalan tersebut ditafsirkan sebagai suatu karakteristik dan kebenaran umum, sehingga pembacanya merasa selalu terhubung dan terkoneksi dengan apapun yang dipaparkan oleh konten zodiak, tarot ataupun ramalan lainnya.




 

Istilah effect Barnum pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Amerika bernama Paul Meehl tahun 1956. Ia  menautkan hubungan psikologi yang masih samar-samar dengan tokoh Barnum yang dikenal sebagai pembuat hoax, namun hal tersebut menuai kesuksesan.




 

P.T Barnum merupakan seorang pemain sirkus yang hidup di era 1800-an. Ia juga seorang pengusaha, politisi,  dan penulis buku. Namun, karena karirnya sebagai seorang pemain sirkus, dirinya terkenal selalu menyebarluaskan sensasi lewat hoax. Ia selalu menciptakan citra fiksi terhadap kelompok sirkusnya dengan tujuan memukau penonton.




 

 

 

Cara Kerja Barnum Effect




 

Berikut ini cara kerja efek Barnum dalam mempengaruhi masyarakat luas, meskipun masyarakat sudah tahu kepalsuan di balik bacaan ramalan tersebut, antara lain:



 

  • Ramalan ataupun prediksi dari zodiak ataupun tarot selalu memberikan umpan balik yang bersifat general, seperti persepsi yang berisi dukungan dan situasi umum terkait hubungan asmara.



 

  • Mengarah pada sugesti yang membuat pembacanya merasa termotivasi ataupun merasa harus berhati-hati karena manusia umumnya butuh saran dalam dan peringatan dalam menjalani aktivitasnya.





 

  • Mengandung bahasa persuasif  yang dapat meyakini dan mengajak pembaca ataupun pendengar, agar menganggap deskripsi tentang mereka adalah istimewa, unik dan sesuai.



 

  • Suatu prediksi ini juga mengandung konten interaktif dan bukan terbatas pada  bacaan atau perkataan saja, beberapa prediksi mengarah pada interaksi dua arah yang membuat targetnya harus menyelesaikan study case tertentu, agar dapat mengukur kecerdasan ataupun kemampuan. Pada akhirnya akan menampilkan hasil  yang dinilai sebagai fakta ataupun bukti pendukung pernyataan.






 

Anda boleh saja sekedar membaca ataupun menjadikan ramalan ataupun prediksi sebagai hiburan dan bahan obrolan bersama teman-teman. Namun, sebaiknya anda tidak menganggap hal ini sebagai sesuatu yang serius  dan memvalidasinya di dalam pikiran anda. 



 

Karena hal-hal tersebut tidak berdasar dan tidak bisa dibuktikan, karena akan berdampak buruk bagi anda dan orang terdekat, jika pada akhirnya anda bersikap dan mengambil keputusan penting hanya berdasarkan prediksi. 



 

Anda harus menjadi lebih skeptis  dan cermat dalam menyerap segala bentuk informasi terhadap diri anda. Agar terhindar dari kecemasan dan halusinasi berlebihan terhadap suatu fantasi yang tidak akan pernah terjadi.







 

REFERENSI


 

https://www.britannica.com/science/Barnum-Effect

https://psych.fullerton.edu/mbirnbaum/psych101/barnum_demo.htm

https://psycnet.apa.org/record/1977-21271-001

YesDok Ads