MENJADI SOCIAL BUTTERFLY BAIK GAK SIH? CARI TAHU EFEKNYA !

October 10, 2023 | Dea

socialbutterfly, ekstrovert, aktif, impulsif, sosialisasi, pertemanan, talkactive

Sobat YesDok, pernahkah anda bertemu dan berinteraksi dengan seorang social butterfly? anda pasti sangat takjub dengan kemampuan adaptasi sosok tersebut. Karena dirinya mampu melakukan interaksi sosial dengan siapa saja dan dari berbagai kalangan dan latar belakang manapun tanpa merasa kikuk sama sekali.

 

Dirinya sangat menyukai keramaian dan selalu membuat pertemanan dimana saja. Hal ini membuat dirinya banyak dikenal dan cukup populer di berbagai tempat, ia juga memiliki koneksi disegala tempat. Seorang social butterfly sangat menyukai obrolan dan kegiatan sosial.


 

Namun, apakah menjadi sosial butterfly itu baik? Untuk mencari tahu lebih dalam, sebaiknya anda menyimak penjelasan terkait sosial butterfly di bawah ini, sebagai berikut.





 


 

Mengenal Social Butterfly

 

Social butterfly merupakan suatu istilah yang merujuk pada seseorang yang gemar melakukan interaksi dengan banyak orang. Kepribadiannya yang ekstrovert cenderung ramah, mudah beradaptasi dan karismatik membuat dirinya sangat populer dan selalu menjadi pusat perhatian dimana saja. Selain itu, dirinya talk active dan sangat hangat dengan siapa saja meski baru ia temui.

 

Menjadi seorang social butterfly merupakan salah satu bakat sejak lahir, pasalnya tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan luwes dengan setiap orang, apalagi dengan seseorang yang baru ia temui. Namun social butterfly mampu dengan cepat mengendalikan suasana yang canggung menjadi cair dalam satu waktu.

 

Hal ini sangat baik jika seorang social butterfly memilih pekerjaan yang menuntutnya untuk selalu memperluas jaringan kerjasama dan bekerja di lapangan. Akan sangat menyulitkan jika dirinya di haruskan berada di dalam pekerjaan yang menuntutnya untuk menyendiri dalam waktu lama dan dengan beban dan tanggung jawab kerja yang sangat tinggi.


 

Seorang social butterfly akan kehabisan energi jika tidak berinteraksi dan bersenang-senang dengan teman ataupun orang lain dalam waktu hitungan jam. Karena dirinya menjadi bersemangat apabila selalu bergerak dan bersosialisasi.





 

Rintangan Menjadi Social Butterfly


 

Berikut ini beberapa rintangan dan kendala seorang social butterfly, antara lain:


 

  • Kesulitan dalam mengelola waktu
     

Seorang social butterfly akan sangat kesulitan dalam pengelolaan waktu. Mereka cenderung kurang konsisten dalam membuat janji dan selalu hadir terlambat dalam segala situasi. Pasalnya dirinya selalu spontan dan lebih mendahulukan segala sesuatu yang terjadi tiba-tiba daripada rencana yang telah ia tetapkan.
 

Hal ini cenderung membuat dirinya di cap sebagai seorang yang tidak konsisten dan tidak tepat janji, selalu membuat jadwal dengan siapapun namun selalu lalai karena terlalu jadwal yang padat. Sehingga membuatnya kesulitan memanajemen waktu dengan baik.



 

  • Mudah merasa bosan
     

Seorang social butterfly juga sangat mudah merasa bosan dan tiba-tiba kehilangan minat pada sesuatu ataupun orang. Dirinya selalu penasaran dengan segala hal ataupun orang, namun rasa ketertarikan itu cenderung tidak bertahan lama. Oleh karena itu, dirinya selalu dicap sebagai seorang yang tidak loyal dan suka mempermainkan perasaan orang lain. Mereka sangat dinamis dan tidak biasa dengan rutinitas yang sama setiap harinya (monoton).



 

  • Selalu berada disituasi yang berisiko

 

Dirinya selalu berada dalam tempat dan situasi yang sangat ekstrim dan terlalu berisiko. Karena dirinya sangat impulsif, sehingga seorang social butterfly cenderung bertindak sangat random atau acak. Karena dirinya kurang mampu membatasi diri ataupun memfilter perkataan, sehingga sering membuatnya kehilangan kendali yang dapat membawa dirinya pada sesuatu yang membahayakan dirinya.



 

  •  Sangat mudah terserang penyakit
     

Karena intensitas dan jadwalnya yang padat, seorang social butterfly sering mengabaikan kesehatannya. Ia akan sembarangan mengonsumsi makanan karena tidak bisa menolak tawaran dari siapapun. Dirinya selalu merasa tertantang dengan segala hal. Hal ini justru membuat imun tubuhnya menurun tanpa ia sadari, kebiasaan ini mengarah pada pola hidup yang tidak sehat. 






 

REFERENSI


 

 

https://sintelly.com/articles/what-it-really-means-to-be-a-social-butterfly/

https://www.mindbodygreen.com/articles/social-butterfly

YesDok Ads