ME TIME ITU APA? SIMAK 6 TANDANYA YUK

February 23, 2024 | Dea

me time artinya, me time adalah, arti me time, apa itu me time, apa arti me time, apa artinya me time, me time itu apa, contoh me time, yesdok

Sobat Yesdok, seringkali kita melupakan pentingnya menghabiskan waktu untuk diri sendiri karena kehidupan kita yang sibuk dan banyak tekanan. Waktu untuk diri sendiri, juga dikenal sebagai “me time”  atau waktu untuk diri sendiri, adalah waktu yang dihabiskan untuk menjaga diri sendiri, meningkatkan energi, dan meremajakan jiwa. Namun, bagaimana anda tahu kapan saatnya untuk memberi diri perhatian khusus? 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Tanda Diri Butuh “Me Time”

Berikut adalah beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa anda membutuhkan sedikit waktu untuk diri sendiri, antara lain:
 

1. Stres yang Berkepanjangan

Meskipun stres adalah bagian dari kehidupan, membutuhkan waktu untuk merenung dan meresapi diri sendiri adalah tanda bahwa anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri.
 

2. Menjadi Mudah Emosi

Apakah anda sering marah, sedih, atau tersinggung tanpa alasan yang jelas? Ini bisa menjadi tanda bahwa anda perlu mengalokasikan waktu untuk merawat diri sendiri. Mengambil waktu untuk merawat diri sendiri dapat membantu diri memahami dan mengelola emosi dengan lebih baik.
 

3. Kurangnya Motivasi dan Antusiasme

Waktunya untuk mengisi ulang energi dengan melakukan aktivitas yang disukai jika anda merasa kehilangan semangat dan antusiasme untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Memiliki waktu untuk diri sendiri dapat membantu anda menemukan motivasi dan kegembiraan dalam hidup.
 

4. Gangguan Tidur

Akumulasi stres dan ketegangan seringkali menyebabkan gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk. Memberikan waktu untuk diri sendiri dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur anda.
 

5. Penurunan Produktivitas

Jika anda mulai mengalami kesulitan berkonsentrasi atau penurunan produktivitas secara signifikan, mungkin sudah waktunya untuk mengambil istirahat dan meluangkan waktu untuk merelaksasi pikiran. Memberikan waktu untuk diri sendiri dapat membantu anda kembali kreatif dan fokus.
 

6. Perubahan pada Kesehatan Fisik

Jika anda mengalami perubahan pada kesehatan, seperti menambah berat badan, masalah pencernaan, atau sakit kepala yang sering, anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri. Melakukan perawatan diri sendiri dengan menggunakan mekanisme relaksasi dapat membantu anda menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Seringkali mudah untuk melupakan diri sendiri karena kesibukan sehari-hari. Namun, penting untuk diingat bahwa memberikan waktu untuk diri sendiri adalah investasi dalam kesejahteraan fisik dan mental. Dengarkan tubuh dan pikiran anda, dan jangan ragu untuk memberikan waktu untuk merawat diri sendiri. Ini adalah langkah penting untuk menjaga keseimbangan dalam hidup.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.popxo.com/article/14-signs-that-you-need-a-little-me-time/

https://medium.com/researcher-life/7-early-signs-that-indicate-you-need-to-focus-on-self-care-124e092e87df

https://www.denisechilton.co.uk/eight-signs-unhealthy-work-life-balance/

 

YesDok Ads