MATA SERING TERPAPAR RADIASI, SIMAK CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

October 20, 2023 | Dea

mata, rabun, kabur, katarak, lensa, retina, radiasi, iritasimata, vitaminA

Sobat YesDok, apakah anda akhir-akhir ini sering terpapar radiasi dalam waktu berjam-jam? Sehingga merasakan beberapa masalah pada mata anda, seperti pandangan mata yang mulai buram ataupun kabur, kelelahan berlebihan pada mata, terasa sangat gatal, bahkan terasa perih. 

 

Anda harus lebih waspada dan menjaga kesehatan mata anda sebaik mungkin. Karena mata adalah salah satu organ yang sangat vital bagi anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 



 

Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini terkait menjaga kesehatan mata, sebagai berikut.






 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata



 

Seiring perkembangan teknologi digital dan dunia maya, masyarakat kini memiliki kebiasaan dan pola hidup yang baru. Pergeseran budaya ini menjadi fenomena yang memberikan banyak dampak baik hingga buruk bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, karena segala hal berkaitan dengan teknologi yang tentunya memancarkan radiasi ke tubuh manusia. Radiasi sangat buruk bagi kesehatan tubuh, pasalnya melalui paparan radiasi dapat menimbulkan berbagai penyakit ringan hingga kanker. 
 

 

Salah satu organ tubuh yang sering kali dirusak oleh radiasi yakni mata. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian bagi semua orang agar lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan matanya. 




 

Langkah Menjaga Kesehatan Mata



 

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan agar mata anda dapat terlindungi dari paparan langsung radiasi, antara lain:

 

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi 
     

Mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega 3, seperti tuna, salmon dan halibut dapat membantu memproteksi kesehatan mata. Selain itu, mata juga membutuhkan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E. zat lainnya seperti selenium, zinc juga dibutuhkan.



 

  • Lakukan olahraga secara rutin
     

Menjaga kesehatan mata artinya anda harus menjaga kesehatan seluruh tubuh anda. Dengan melakukan olahraga yang rutin, akan membantu sirkulasi darah anda menjadi lancar, meningkatkan imun tubuh, mencegah resiko obesitas. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda, karena diabetes dan kolesterol dapat merusak kesehatan mata.



 

  • Gunakan kacamata anti radiasi
     

Paparan radiasi dan sinar matahari yang sering dapat merusak mata. Hal ini dapat meningkatkan resiko katarak dan degenerasi makula. Lindungi mata anda dengan kacamata anti radiasi, UV-A dan UV-B.


 

  •  Terapkan aturan 20-20-20
     

Anda harus membiasakan diri untuk menerapkan aturan 20-20-20 agar dapat menjaga kesehatan mata. Cara ini yaitu setiap 20 menit alihkan pandangan anda dari layar hp atau laptop, dan pandanglah sesuatu (terutama tumbuhan atau hijau) sejauh 20 kaki dan pertahankan selama 20 detik. Cara ini dapat melatih otot mata menjadi lebih rileks.



 

  • Tidur yang cukup
     

Pastikan anda menjaga kualitas tidur anda 7-9 jam setiap harinya. Masalah awal pada mata disebabkan karena mata yang terlalu lelah dan kurangnya istirahat. Kurang tidur dapat membuat mata mudah lelah, iritasi mata, sulit mengatur fokus, mata kering, pandangan yang kabur dan sensitif terhadap cahaya.



 

  • Jaga kebersihan tangan
     

Seringkali tangan menjadi penyebab utama bagi mata yang bermasalah, pasalnya tangan membawa banyak bakteri dan penyakit bagi tubuh. Oleh karena itu, kebiasaan mengucek mata, memasang softlens, dan menyentuh mata sering kali menjadi penyebab utama paparan virus dan bakteri yang dapat merusak mata.




 

Jika anda merasa bahwa mata anda memiliki masalah, sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan mata melalui alat YesVision hanya di YesDok. Lindungi kesehatan mata anda dengan melakukan pemeriksaan rutin secara berkala dengan harga yang sangat terjangkau.





 

REFERENSI



 

https://www.mfine.co/article/10-ways-to-take-care-of-your-eyes

https://medlineplus.gov/eyecare.html#:~:text=Protec

https://wechope.org/awareness/10-ways-to-love-your-eyes/

YesDok Ads