MASA SUBUR ITU KAPAN SIH? SIMAK PENJELASANNYA YUK

December 29, 2023 | Dea

masa subur wanita setelah haid, kapan masa subur setelah haid, cara menghitung masa subur setelah haid, masa subur wanita kapan, cara hitung masa subur, ciri ciri masa subur wanita, masa subur berapa hari, yesdok

Sobat Yesdok, bagi pasangan yang berencana untuk memiliki anak, sangat penting untuk mengetahui waktu subur. Namun, seringkali membingungkan untuk mengetahui kapan masa subur sebenarnya terjadi. Menurut beberapa sumber kesehatan terkemuka, artikel ini akan menjelaskan kapan masa subur terjadi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Masa Subur Wanita

Berikut ini beberapa penjelasan terkait masa subur bagi wanita, antara lain:
 

1. Awal Menstruasi dan Masa Subur

Masa subur biasanya terjadi di pertengahan siklus, sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya, dan siklus menstruasi dimulai dan berakhir pada hari pertama menstruasi.
 

2. Kalkulasi Waktu Subur

Untuk mengetahui waktu subur, harus memahami siklus menstruasi anda dan memperhitungkan hari ovulasi. Pelepasan sel telur, atau ovulasi, biasanya terjadi dua belas hingga enam belas hari sebelum menstruasi berikutnya. Selama periode subur, yang biasanya berlangsung sekitar 5-6 hari, pasangan disarankan untuk berhubungan seks secara teratur.
 

3. Pemahaman tentang Fertilisasi dan Ovulasi

Pertemuan sel telur dan sperma, atau fertilisasi, terjadi dalam waktu singkat setelah ovulasi. Sperma dapat bertahan hidup dalam tubuh wanita selama beberapa hari, sehingga hubungan seksual sebelum ovulasi juga dapat menyebabkan kehamilan.
 

4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masa Subur

Pasangan dapat memprediksi waktu subur dengan lebih akurat jika mereka memahami beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masa subur, seperti lamanya siklus menstruasi, ketidakteraturan siklus, dan kebiasaan hidup.
 

5. Metode Pengukuran Suhu Basal Tubuh (BBT)

Pengukuran suhu basal tubuh (BBT), yang menunjukkan peningkatan suhu tubuh basal, menunjukkan ovulasi telah terjadi. Dengan cara ini, anda dapat menemukan masa subur dengan lebih akurat.

 

Pasangan yang ingin memiliki anak sangat penting untuk mengetahui kapan mereka subur. Pasangan dapat meningkatkan peluang mereka untuk hamil dengan memahami siklus menstruasi, ovulasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Namun, penting untuk diingat bahwa siklus menstruasi setiap orang berbeda.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/can-i-get-pregnant-just-after-my-period-has-finished

https://www.yourfertility.org.au/everyone/timing

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC27529/

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/calculating-your-monthly-fertility-window

 

YesDok Ads