MANFAAT VITAMIN K BAGI TUBUH

March 25, 2024 | Dea

manfaat vitamin k, apa manfaat vitamin k, manfaat vitamin k bagi tubuh, contoh vitamin k dan manfaatnya, makanan yang mengandung vitamin k dan manfaatnya, manfaat vitamin k bagi manusia, yesdok

Sobat Yesdok, Vitamin K, sebuah nutrisi penting yang seringkali dilupakan, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak orang mengaitkan vitamin ini dengan pembekuan darah, tetapi manfaatnya jauh lebih luas. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Vitamin K

Berikut ini beberapa manfaat yang luar biasa dari vitamin K bagi kesehatan tubuh, antara lain:
 

1. Kesehatan Tulang yang Optimal

Asupan vitamin K yang cukup dapat mencegah kehilangan massa tulang dan mengurangi risiko patah tulang, terutama pada orang dewasa yang rentan terhadap osteoporosis. Ini karena vitamin K membantu dalam produksi protein osteocalcin, yang diperlukan untuk pengendapan kalsium dalam tulang.
 

2. Pembekuan Darah yang Efektif

Vitamin K sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah berjalan dengan baik, yang meningkatkan risiko pendarahan yang berbahaya. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah, yang dapat menyebabkan perdarahan yang tidak terkontrol.
 

3. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Vitamin K juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular karena membantu mengatur penggunaan kalsium tubuh, yang terkait dengan penyakit arteri koroner, arteriosklerosis, dan risiko penyakit jantung lainnya. Dengan demikian, asupan vitamin K yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.
 

4. Mendukung Kesehatan Otak

Vitamin K tidak hanya bermanfaat bagi tubuh tetapi juga untuk kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K membantu melindungi sel-sel saraf dan dapat membantu mengurangi penurunan kognitif yang disebabkan oleh usia, serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer.
 

5. Perlindungan Terhadap Kanker

Selain itu, vitamin K telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker prostat. Meskipun mekanismenya belum sepenuhnya dipahami, vitamin K dianggap memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan sel kanker.
 

6. Menjaga Kesehatan Gusi

Untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah masalah seperti perdarahan gusi dan penyakit gusi, anda perlu mengonsumsi vitamin K secukupnya. Ini akan membantu anda menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari vitamin K, anda harus makan makanan yang kaya nutrisi seperti bayam, brokoli, kale, dan sayuran hijau, serta minyak sayur seperti kedelai dan canola. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-k/#:~:text=Vitamin

https://www.medicalnewstoday.com/articles/219867

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4600246/

 

YesDok Ads