Manfaat Melimpah Buah Blewah Untuk Ibu Hamil

April 03, 2023 | Aqiyu

Manfaat Buah Blewah Untuk Ibu Hamil

Buah blewah sangat identik dengan bulan puasa. Bagaimana tidak, buah bercita rasa manis ini seringkali dijadikan sebagai pelengkap minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, ternyata buah blewah juga menyehatkan. Manfaat berlimpah buah blewah ini bisa dirasakan oleh ibu hamil. Anda harus mengetahui manfaat buah blewah untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Blewah Untuk Ibu Hamil

Buah blewah kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Blewah mengandung protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, asam folat dan kolin. Selain itu buah blewah juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dimana semua kandungan nutrisi tersebut dapat menunjang tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu hamil. Berikut ini manfaat buah blewah untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan:

Mencegah dehidrasi

Terlepas ibu hamil memilih menjalankan puasa atau tidak, ibu hamil harus menjaga asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Buah blewah ini dapat membantu ibu hamil menambah asupan cairan tubuh. Buah blewah diketahui mengandung air yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh terhidrasi. Jadi, buah blewah bisa dimasukan ke menu buka puasa bagi ibu hamil untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Menstabilkan tekanan darah

Salah satu penyakit yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Perubahan hormone ini sangat mempengaruhi kestabilan tekanan darah ibu hamil. Inilah yang membuat ibu hamil rentan terkena preeklamsia. Perlu diketahui, ibu hamil yang mengalami preeklamsia berbahaya dan mengancam nyawa ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Untuk menstabilkan tekanan darah ibu hamil bisa mengkonsumsi blewah. Kandungan pada blewah diketahui dapat menjaga pembuluh darah tetap rileks.

Menurunkan risiko sembelit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah blewah mengandung kadar air yang tinggi. Selain dapat mencegah dehidrasi pada ibu hamil, buah blewah juga dapat menurunkan risiko sembelit yang seringkali terjadi pada ibu hamil. Kandungan serat pada buah blewah juga dapat menyehatkan saluran pencernaan serta meningkatkan pergerakan usus yang dapat melunakan tinja.

Mendukung tumbuh kembang bayi

Buah blewah dapat mencegah cacat pada janin dalam kandungan. Salah satu faktor yang menyebabkan tumbuh kembang bayi tidak baik adalah kurangnya asam folat pada ibu hamil. Pada buah blewah mengandung asam folat atau B9 yang sangat tinggi dan direkomendasikan dikonsumsi untuk ibu hamil.

Mengurangi risiko kram kaki

Dalam 150 gram blewah terdapat 420 mg kalium yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah kram kaki. Kandungan kalium pada buah blewah juga dapat menyeimbangkan cairan serta elektrolit tubuh. Selain itu juga menyumbangkan transmisi impuls saraf dan membantu pelepasan energi dan nutrisi yang penting seperti protein lemak dan karbohidrat.

Berikut adalah manfaat buah blewah untuk ibu hamil yang melimpah jika dikonsumsi saat masa kehamilan. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: medical news today) 

YesDok Ads