MAKANAN WAJIB LEBARAN, INI 6 MANFAAT MAKAN KETUPAT BAGI TUBUH

April 05, 2024 | Dea

Ketupat, kalori ketupat, ketupat ketan, ketupat adalah, ketupat opor ayam, lebaran ketupat adalah, lontong ketupat, ketupat berasal dari, ketupat sayur lebaran, makan ketupat, manfaat ketupat, yesdok

Sobat Yesdok, umat Muslim di seluruh dunia menantikan Lebaran. Santapan bersama keluarga dan kerabat adalah salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan ini. Ketupat adalah makanan wajib di antara berbagai hidangan Lebaran. Ketupat tidak hanya lezat, tetapi juga sangat baik untuk tubuh. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Ketupat

Berikut adalah enam alasan mengapa makan ketupat baik untuk anda, antara lain:
 

1. Sumber Karbohidrat Sehat

Beras yang dikukus dalam anyaman daun kelapa atau janur digunakan untuk membuat ketupat. Ini menjadikannya sumber karbohidrat rendah lemak dan sehat. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan otak dan memastikan fungsi tubuh yang optimal.
 

2. Tinggi Serat

Beras utuh digunakan untuk membuat ketupat, yang mengandung banyak serat pangan alami yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Ketupat adalah cara lezat untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.
 

3. Mengandung Protein

Ketupat terutama terdiri dari karbohidrat, tetapi juga mengandung banyak protein yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Mengonsumsi ketupat memberi anda lebih banyak energi daripada hanya energi.
 

4. Rendah Lemak dan Kolesterol

Ketupat kukus adalah makanan yang rendah lemak dan kolesterol yang bagus untuk mereka yang menjalani diet rendah lemak atau memiliki masalah kesehatan yang memerlukan pengendalian lemak dan kolesterol dalam diet mereka.
 

5. Mengandung Vitamin dan Mineral

Ketupat juga memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Beberapa di antaranya adalah vitamin B kompleks, yang diperlukan untuk metabolisme energi yang sehat, dan selenium, yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
 

6. Sumber Energi Instan

Selain itu, kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat ketupat menjadi sumber energi instan yang bagus untuk mendapatkan kembali energi setelah seharian berpuasa selama bulan Ramadhan.

Ketupat, hidangan tradisional Lebaran, memiliki banyak manfaat kesehatan. Makan ketupat tidak hanya membuat makanan menjadi lezat, tetapi juga memberikan nutrisi yang anda butuhkan untuk tetap sehat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menikmati ketupat bersama teman dan keluarga saat merayakan Lebaran.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://ova.galencentre.org/seven-nutritious-options-for-a-healthy-hari-raya/

https://m.andrafarm.com/_andra.php?_i=daftar-tkpi&kmakan=AP014&_en=ENGLISH

https://hotel-management.binus.ac.id/2018/09/06/a-critical-review-of-ketupat-babanci-the-development-of-traditional-menu/

 

YesDok Ads