MAKANAN DAN MINUMAN BUAT KULIT BAYI SEHAT DIKANDUNGAN

April 17, 2024 | Dea

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih, makanan sehat untuk ibu hamil, makanan yang baik untuk ibu hamil, makanan untuk ibu hamil, makanan yang bagus untuk ibu hamil, makanan bergizi untuk ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, Ibu hamil tidak hanya memiliki dampak pada kesehatan tubuhnya sendiri, tetapi juga pertumbuhan dan perkembangan bayinya, termasuk kesehatan kulit bayinya. Dengan memilih makanan dan minuman yang tepat, ibu hamil dapat mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kulit bayi sehat dan bersinar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Makanan & Minuman Sehat Bagi Janin

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan kulit bayi sejak dalam kandungan, antara lain:
 

1. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit bayi. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan stroberi mengandung vitamin C yang membantu dalam pembentukan kolagen, dan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung vitamin A yang penting untuk pertumbuhan sel-sel kulit.
 

2. Protein Berkualitas Tinggi

Protein membentuk sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit bayi. Makan protein tinggi dari makanan seperti kacang-kacangan, ikan, telur, dan daging tanpa lemak membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit bayi.
 

3. Asam Lemak Omega-3

Untuk ibu hamil, DHA dapat diperoleh dari makanan seperti salmon, sarden, kacang kenari, dan minyak ikan. Asam lemak omega-3, terutama asam docosahexaenoic, sangat penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi.
 

4. Air Putih

Banyak air putih adalah sumber hidrasi terbaik untuk kulit yang sehat, dan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit membantu mengurangi risiko stretch mark saat hamil.
 

5. Sumber Zat Besi

Zat besi berperan penting dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit bayi yang berkembang. Makanan yang mengandung zat besi seperti ayam, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, dan sereal yang diperkaya zat besi adalah sumber yang sangat penting bagi ibu hamil.
 

6. Asupan Kalsium

Kalsium diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat pada bayi yang dikandung. Ibu hamil dapat memperoleh kalsium dari susu rendah lemak, yogurt, keju rendah lemak, serta sumber nabati seperti brokoli dan kacang almond.

Dengan memperhatikan pola makan yang seimbang dan memilih makanan yang kaya akan nutrisi, seorang ibu hamil dapat memberikan nutrisi penting yang mendukung kesehatan kulit bayi di kandungannya. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk saran spesifik terkait kebutuhan nutrisi individu selama kehamilan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://health.gov/myhealthfinder/pregnancy/nutrition-and-physical-activity/eat-healthy-during-pregnancy-quick-tips

https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant

https://www.nidirect.gov.uk/articles/healthy-eating-pregnancy

 

YesDok Ads