LUKA SULIT SEMBUH? INI 6 PENYEBABNYA

February 26, 2024 | Dea

luka sulit sembuh, kenapa luka dm sulit sembuh, luka yang sulit sembuh, penyebab luka sulit sembuh, penyebab luka diabetes sulit sembuh, penyebab luka di kulit sulit sembuh, yesdok

Sobat Yesdok, luka adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari goresan kecil hingga luka yang lebih serius. Secara alami, proses penyembuhan luka seharusnya berjalan lancar, tetapi terkadang bisa sulit. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Penyebab Luka Sulit Sembuh

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menghambat proses penyembuhan luka, antara lain:
 

1. Infeksi

Infeksi adalah salah satu penyebab utama luka yang sulit sembuh. Bakteri, virus, atau jamur dapat masuk ke luka dan menghentikan proses penyembuhan, menyebabkan peradangan yang lebih lanjut. Tanda-tanda infeksi pada luka adalah kemerahan, pembengkakan, dan keluarnya cairan berbau.

Cara Mengatasinya: anda dapat mencegah dan mengobati infeksi dengan membersihkan luka dengan antiseptik secara teratur, menjaga area sekitar luka bersih, dan menggunakan salep antibiotik jika diperlukan.

 

2. Diabetes

Penderita diabetes sering mengalami kesulitan selama proses penyembuhan luka karena kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf, yang penting untuk memberikan nutrisi dan perasaan pada area luka.

Cara Mengatasinya: untuk mengelola diabetes dengan benar, penting untuk mengontrol gula darah dengan ketat dan mendapatkan perawatan medis yang tepat.

 

3. Kurangnya Suplai Darah

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, pasokan darah yang cukup diperlukan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke bagian tubuh yang terluka. Jika tidak ada pasokan darah yang cukup, proses penyembuhan luka dapat terhambat.

Cara Mengatasinya: meningkatkan aliran darah ke area luka dengan tetap aktif, makan makanan yang kaya nutrisi, dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.


 

4. Terlalu Banyak Jaringan Parut

Terbentuknya jaringan parut yang berlebihan, yang dikenal sebagai keloid atau hipertrofi, dapat memperlambat proses penyembuhan luka, menyebabkan kulit menjadi lebih lembek dan tidak nyaman.

Cara Mengatasinya: pengobatan untuk menghentikan pertumbuhan jaringan parut termasuk gel silikon, terapi laser, atau operasi.


 

5. Kondisi Medis Kronis

Beberapa kondisi medis kronis, seperti penyakit vaskular perifer, penyakit jantung, atau kekurangan zat gizi, dapat mengganggu aliran darah dan proses penyembuhan luka.

Cara Mengatasinya: untuk meningkatkan proses penyembuhan luka dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan pengobatan yang tepat.


 

6. Kebiasaan Merokok

Merokok mengganggu aliran darah dan menyebabkan peradangan di tubuh, yang dapat menyebabkan luka lebih sulit sembuh.

Cara Mengatasinya: berhenti merokok adalah langkah penting untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi risiko komplikasi lainnya.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.summahealth.org/flourish/entries/2020/07/6-reasons-why-your-wound-wont-heal 

https://www.gbmc.org/greater-living/6-reasons-why-your-wound-wont-heal

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2903966/

 

YesDok Ads