KENAPA URINE WARNANYA KUNING? SIMAK 6 PENJELASANNYA YUK

January 29, 2024 | Dea

warna urine normal dan abnormal, warna urine yang sehat, warna urine ibu hamil, penyebab urine berwarna kuning, mengapa urine berwarna kuning, warna normal urine, warna urine dan artinya, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda bertanya-tanya mengapa urine berwarna kuning? hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Meskipun beberapa variasi normal, perubahan warna urine dapat memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan anda. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Urine Berwarna Kuning

Berikut adalah enam penjelasan mengapa urine bisa memiliki warna kuning, antara lain:
 

1. Pigmen Urobilin

Urobilin, produk pemecahan hemoglobin (pigmen darah merah), menghasilkan warna kuning pada urine, yang diekskresikan dari usus dan hati.
 

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum urine menjadi lebih kuning. Ini karena tubuh kekurangan cairan, sehingga urine menjadi lebih terkonsentrasi dan menjadi lebih gelap.
 

3. Vitamin B

Suplemen vitamin B atau makanan yang mengandung banyak vitamin B, seperti wortel, dapat membuat urine berwarna kuning cerah. Ini karena urine mengeluarkan jumlah vitamin B yang berlebihan.
 

4. Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa makanan dan minuman tertentu, seperti bit, wortel, dan asparagus, dapat membuat urine menjadi kuning. Ini karena pigmen alami dalam makanan ini mengubah warnanya.
 

5. Penyakit atau Infeksi

Warna urine dapat berubah karena penyakit tertentu, seperti hepatitis atau penyakit hati lainnya. Infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan perubahan warna.
 

6. Pemecahan Bakteri dalam Usus

Studi menunjukkan bahwa enzim bakteri usus tertentu, biliverdin reductase-A (BLVRA), dapat mengubah biliverdin menjadi bilirubin kuning. Hal ini menyebabkan urine menjadi kuning.

 

Selain itu, penting untuk memperhatikan perubahan warna, serta aspek lain seperti bau, frekuensi buang air kecil, dan gejala potensial lainnya. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/urine-color-chart#color-chart

https://cmns.umd.edu/news-events/news/what-makes-urine-yellow-umd-scientists-discover-enzyme-responsible

https://www.medicalnewstoday.com/articles/urine-color-chart

YesDok Ads