KENAPA PENIS JADI BENGKOK? INI 5 PENYEBABNYA

April 17, 2024 | Dea

penis bengkok, penyebab penis bengkok, penis bengkok ke bawah, kenapa penis bengkok, penis bengkok ke kiri, penis bengkok ke atas, bentuk penis bengkok, penis bengkok ke kanan, yesdok

Sobat Yesdok, Penis bengkok adalah masalah yang cukup umum yang dapat memengaruhi kehidupan seksual dan kesehatan pria. Ada beberapa penyebab penis melengkung, dan mengetahui penyebabnya dapat membantu anda memahami kondisi ini lebih baik.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Penis Bengkok

Berikut adalah lima penyebab umum penis menjadi bengkok, antara lain:
 

1. Peyronie's Disease (Penyakit Peyronie)

Penyakit Peyronie adalah kondisi di mana jaringan parut muncul di dalam penis, yang menyebabkan penis melengkung atau miring saat ereksi. Jaringan parut ini biasanya muncul sebagai reaksi terhadap cedera atau trauma pada penis, seperti yang terjadi saat berhubungan seks atau melakukan aktivitas sehari-hari.
 

2. Penyakit Cavernositis

Penyakit cavernositis adalah peradangan pada jaringan yang mengisi ruang di dalam penis yang terisi darah selama ereksi. Peradangan ini dapat menyebabkan jaringan parut mengeras atau menumpuk, yang pada gilirannya dapat membuat penis bengkok.
 

3. Kelainan Bawaan

Beberapa pria mungkin memiliki penis bengkok karena kelainan bawaan yang memengaruhi perkembangan struktur penis selama perkembangan. Kelainan ini mungkin termasuk pertumbuhan penis yang tidak simetris atau pertumbuhan penis yang tidak lengkap.
 

4. Penyakit Lain

Penyakit tertentu, seperti penyakit Parkinson atau fibrosis kistik, juga dapat menyebabkan penis bengkok. Bengkoknya penis terjadi karena penyakit tersebut berdampak pada jaringan atau saraf di dalamnya, yang mengganggu kemampuan penis untuk tetap lurus saat ereksi.
 

5. Penggunaan Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti beta-blocker, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau gangguan jantung, dapat menyebabkan penis bengkok sebagai efek samping. Penggunaan obat-obatan yang berkepanjangan atau dalam dosis tinggi juga dapat mempengaruhi aliran darah atau fungsi saraf di dalam penis, yang mengubah bentuknya.




Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/symptoms/bent-penis/basics/causes/sym-20050628

https://www.nhs.uk/common-health-questions/mens-health/is-it-normal-to-have-a-curved-penis/

https://medlineplus.gov/ency/article/001278.htm

 

YesDok Ads