KENAPA BUMIL SERING NGIDAM? INI 6 PENYEBABNYA

March 19, 2024 | Dea

ciri ngidam, ngidam artinya, apa itu ngidam, ciri ciri orang ngidam, perbedaan ngidam dan pengen biasa, umur berapa ibu hamil mulai ngidam, berapa lama masa ngidam ibu hamil, orang hamil ngidam, yesdok

Sobat Yesdok, banyak ibu hamil di seluruh dunia mengalami ngidam atau keinginan untuk makan. Meskipun belum sepenuhnya dipahami, ada beberapa alasan mengapa ibu hamil sering mengalami ngidam. dari kebutuhan nutrisi hingga perubahan hormonal. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Penyebab Bumil Ngidam

Berikut adalah enam penyebab umum ngidam pada ibu hamil, antara lain:
 

1. Perubahan Hormonal

Tubuh mengalami perubahan hormonal yang signifikan selama kehamilan, termasuk peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Perubahan ini dapat memengaruhi selera makan dan sensitivitas terhadap berbagai rasa, yang dapat menyebabkan ngidam.
 

2. Kebutuhan Nutrisi yang Berubah

Tubuh memerlukan nutrisi tambahan selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tubuh ibu hamil mungkin memberitahu mereka bahwa mereka perlu mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak dapat mereka ambil dari diet mereka sehari-hari dengan mengidam.
 

3. Perubahan Emosional dan Stres

Selama kehamilan, stres dan perubahan emosional yang sering terjadi dapat memengaruhi selera makan dan menyebabkan ngidam. Beberapa wanita mungkin merasa tertekan atau cemas, dan ngidam bisa menjadi cara untuk mengatasi atau menghibur diri.
 

4. Pengaruh Budaya dan Lingkungan

Faktor lingkungan dan budaya juga dapat memengaruhi ngidam. Dalam beberapa budaya, beberapa makanan atau minuman mungkin dianggap sebagai simbol kehamilan atau tradisi, dan ibu hamil mungkin tertarik untuk mengonsumsinya karena hal ini.
 

5. Kekurangan Nutrisi atau Kadar Gula Darah yang Rendah

Terkadang, ngidam dapat menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan nutrisi tertentu atau kadar gula darah yang rendah. Saat tubuh lapar atau kekurangan energi, itu dapat menyebabkan ngidam untuk makanan tertentu yang dapat memberikan energi cepat.
 

6. Pengalaman Pribadi dan Asosiasi

Ibu hamil mungkin merindukan makanan atau minuman yang mereka sukai di masa kecil mereka atau yang terkait dengan kenangan menyenangkan lainnya. Ini adalah contoh bagaimana pengalaman pribadi dan asosiasi dengan makanan tertentu dapat memengaruhi ngidam.

 

Selama banyak kehamilan, ngidam adalah bagian alami dari kehamilan, dan seringkali tidak perlu dikhawatirkan tentang memilih makanan yang sehat dan aman untuk ibu hamil. Namun, jika ngidam menyebabkan makan makanan yang tidak sehat atau berlebihan, itu harus dipikirkan kembali.

Untuk mendukung kesehatan mereka sendiri dan bayi yang sedang berkembang, ibu hamil dapat mengendalikan keinginan makanan mereka dengan cara yang sehat dan seimbang dengan memahami penyebab ngidam.

 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/food-cravings-during-pregnancy

https://www.firstencounters.co.uk/news/post/pregnancy-food-cravings

https://www.cgbabyclub.co.uk/pregnancy/nutrition/are-my-pregnancy-cravings-normal.html

 

YesDok Ads