KENALI HYPERTHYMESIA (MENGINGAT SETIAP DETAIL) DALAM DRAKOR FIND ME IN YOUR MEMORY

November 03, 2023 | Dea

memori, hyperthymesia, findmeinyourmemory, ingatan, otak, kecerdasan, informasi, drakor, film, netflix, trending, kpop, psikologis, fakta, fotografis, visualisasi, MoonGaYoung, KangDongWook, yesdok

Sobat YesDok, memiliki kepintaran dan daya nalar yang tinggi merupakan suatu keistimewaan yang ingin dimiliki oleh semua orang. Namun bagaimana jika kemampuan tersebut termasuk mengingat setiap detail peristiwa semasa hidup? Bukankah hal tersebut menjadi sangat kompleks dan menjadi beban berat bagi pengidapnya?
 

Topik ini diangkat dalam drakor Find Me In Your Memory, diperankan oleh Moon Ga Young dan Kang Dong Wook. Kemampuan hyperthymesia yang dimiliki pemeran prianya yang diketahui sebagai reporter sangat membantu dalam karirnya. Tetapi kemampuan ini tidak  selalu baik, justru membuatnya terus merasa tertekan dan sedih berlarut-larut karena selalu mengenang peristiwa buruk.


 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan terkait hyperthymesia di bawah ini, sebagai berikut.






 

Mengenal Hyperthymesia


 

Hyperthymesia (HSAM) merupakan kondisi  memori autobiografi yang sangat unggul, seseorang yang mengidap kondisi ini memiliki daya ingat yang hampir sempurna serta mampu mengingat setiap detail peristiwa dalam hidupnya.
 

Berdasarkan penelitian pada tahun 2012, para ilmuwan menyelidiki perbedaan fisik pengidap hyperthymesia. Ternyata pengidapnya memiliki tambahan di lobus frontal dan hipokampus (dua area otak yang terkait dengan memori otobiografi.  Namun tidak dapat ditetapkan secara jelas bahwa kelebihan otak menyebabkan hyperthymesia ataukah sebaliknya.

 

Kemampuan ini dapat membuat pengidapnya mengingat peristiwa dengan cara visualisasi, sehingga setiap detailnya dapat ia pahami dengan jelas untuk waktu yang sangat lama, hal ini dikaitkan dengan keberadaan memori fotografis. Selain itu penyebab kondisi ini juga dapat berasal dari faktor genetik, biologis dan psikologis.  

 

Namun segala sesuatu yang berlebihan tidak selalu berdampak baik, berikut ini resiko kemampuan hyperthymesia, antara lain:


 

  • Selalu terkenang akan masa lalu termasuk kenangan buruk
     
  • Kesulitan untuk move on
     
  • Mudah mengidap stress
     
  • Rentan mengalami depresi
     
  • Rentan mengalami insomnia
     
  • Selalu merasa dejavu
     
  • Sulit berkonsentrasi karena ingatan yang menumpuk






 

REFERENSI


 

https://yourbrain.health/hyperthymesia/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/hyperthymesia#definition

https://www.healthline.com/health/hyperthymesia#tips-for-improving-your-memory

YesDok Ads