KENALI HAIRY TONGUE, KONDISI TUMBUH BULU DI LIDAH

September 10, 2023 | Dea

hairytongue, lidahberbulu, plaklidah,

Sobat YesDok, anda perlu menjaga dan cermat terhadap kebersihan mulut yang mencakup gigi, gusi dan lidah anda. Pasalnya banyak sekali kasus beragam penyakit yang disebabkan jarangnnya menjaga kesehatan mulut terutama lidah. Bakteri sangat mudah berkembang di dalam mulut anda, yang dapat menyebabkan masuknya berbagai kuman dalam tubuh. 

Salah satu yang dapat menimpa anda terutama bagi perokok dan alkoholik yakni kondisi penyakit lidah berbulu atau hairy tounge, dilansir dari medicalnewstoday berdasarkan data dari American Academy Of Oral Medicine bahwa sekitar 13 persen populasi penduduk kemungkinan tumbuhnya lidah berbulu meningkat seiring bertambahnya usia dan faktor utama yang menyebabkan antara lain tembakau. 
 

Oleh karena itu, anda yang perokok berat harus waspada terhadap kemungkinan penyakit yang dapat menyerang anda. Kondisi ini sangat mengganggu sistem pencernaan tubuh anda loh sobat YesDok. Anda perlu tahu gejala-gejalanya agar dapat melakukan penanganan sedini mungkin dan dapat disembuhkan dalam sekurang-kurangnya kurun waktu 20 hari.
 

 

Gejala Tumbuh Bulu Pada Lidah
 

Lidah berbulu / hairy tongue merupakan lapisan abormal pada permukaan atas /dorsal lidah karena penumpukan sel kulit mati pada bagian papila lidah, yang ditandai dengan warna beragam yakni hijau, kuning, putih, hitam, dan coklat pada permukaan di lidah. Hal ini bisa disebabkan karena terpapar ragi, tembakau, sisa makanan dan lain sebagainya.

 

Anda yang sudah mulai merasakan terjadinya keanehan disekitar lidah anda wajib mengetahui beberapa gejala terkait tumbuh bulu pada lidah, antara lain :


 

  • Permukaan lidah tampak berbulu
  • Terjadi perubahan rasa seperti logam di indera perasa anda
  • Halitosis/ bau mulut meningkat
  • Terasa menggelitik yang sering membuat tersedak karena pertumbuhan papila secara berlebihan
  • Sensasi terbakar di lidah
  • Rasa geli di langit-langit mulut saat menelan

     

Setelah mengetahui gejala-gejala di atas anda dapat lebih aware dan segeralah lebih rutin untuk menjaga kesehatan area mulut anda. Karena selain mengganggu diri anda hal ini dapat mengganggu pasangan anda loh sobat YesDok. Mari bersama-sama untuk rajin menyikat gigi dan lidah anda setiap pagi dan sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan obat kumur agar memberikan kesegaran pada area sekitar mulut. 
 

Namun jika anda merasa bingung harus mulai dari mana untuk mengatasinya, lebih baik berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang terbaik. 
 

YesDok dapat membantu anda dalam menangani setiap permasalahan kesehatan anda dari mana saja dan kapan saja selama 24 jam. Oleh karena itu, terutama bagi anda yang introvert, anda dapat berkonsultasi dengan nyaman dari kamar anda loh sobat YesDok.


 

REFERENSI

 

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/black-hairy-tongue/symptoms-causes/syc-20356077
 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320201#treatment-and-prevention
 

https://emedicine.medscape.com/article/1075886-overview

 

YesDok Ads