Kenali Bahaya Tidur Dekat HP

April 03, 2023 | Iman

Bahaya Tidur Dekat HP

Tidak sedikit orang yang mengalami kecanduan HP hingga membawa benda tersebut dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, termasuk saat akan tidur. Pasalnya, kecanduan gadget memang membuat seseorang sulit terlepas dari benda canggih yang satu ini.

Bahaya Tidur Dekat HP

Di balik setiap keunggulannya, handphone juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama jika Anda membawanya tidur. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing bahaya tidur dekat HP yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan Tidur

Layar HP memancarkan cahaya biru (bluelight) yang mirip dengan cahaya di siang hari. Akibatnya, tubuh keliru mengira cahaya tersebut seakan situasi di sekitar masih siang, sehingga tubuh menurunkan produksi hormon melatonin (hormon yang mengatur pola tidur). Hal ini tentunya mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur dan bangun) dan menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia.

2. Menyebabkan Gangguan Mata

Kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam melihat layar HP dapat menyebabkan computer vision syndrome. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala mata lelah, mata merah, penglihatan menurun (kabur), mata kering, hingga nyeri kepala.

Mendekatkan HP menjelang tidur cenderung membuat seseorang bermain ponsel hingga tertidur. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula. Bahkan, bahaya tidur dekat HP yang satu ini dapat meningkatkan risiko kebutaan.

3. Kualitas Tidur Menurun

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, cahaya biru (lightblue) yang terpancar dari layar HP dapat menghambat produksi hormon melatonin, sehingga Anda menjadi lebih terjaga dan kesulitan tidur di malam hari. Akibatnya, Anda tidak berenergi di pagi hari.

Di samping itu, pancaran dari cahaya biru tersebut juga dapat menghambat fase tidur rapid eye movement (REM). Dalam fase REM, tubuh sedang melakukan pemulihan kestabilan emosi dan fungsi kognitif. Apabila fase ini terganggu, maka proses pemulihan menjadi tidak maksimal.

4. Nyeri Kepala dan Leher

Beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF (radio frequency) yang juga dipancarkan oleh HP, mungkin akan merasakan nyeri kepala, pusing, hingga mual dan muntah ketika menatap HP di malam hari. Penggunaan HP cenderung menyebabkan kepala berada di satu posisi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat meningkatkan risiko kaku pada otot leher yang kemudian memicu rasa nyeri leher yang dapat menjalar hingga ke punggung.

5. Meningkatkan Risiko Kanker

Hingga kini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait bahaya tidur dekat HP dengan risiko kanker. Ponsel menggunakan radiasi radio frequency untuk bekerja, yang mana jika radiasi tersebut terpapar langsung ke tubuh dapat meningkatkan suhu tubuh yang diduga memengaruhi kerusakan jaringan.

Akan tetapi, radiasi dari HP tidak memiliki cukup energi untuk merusak jaringan DNA dalam tubuh. Karenanya, belum bisa dipastikan bahwa radiasi HP dapat menyebabkan penyakit kanker. Meski begitu, lebih baik Anda menjauhkan HP ketika tidur guna menghindari efek buruk lainnya.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads