KEBIASAAN SEPELE INI BIKIN KAMU CEPAT TUA, CARI TAHU PENYEBABNYA

October 02, 2023 | Dea

penuaan, kulit, elastisitas, insomnia, kerutan, darkcircle, polahidup, sehat

Sobat YesDok, anda tentunya pasti selalu ingin terlihat awet muda dan memiliki tubuh yang sehat. Namun harapan anda dalam mewujudkan hal itu berada jauh dari kemungkinan. Sering sekali tanpa sadar anda melakukan kebiasaan-kebiasaan yang anda anggap sepele dan hal biasa ternyata menyebabkan tubuh anda mengalami lebih cepat proses penuaan.



 

Oleh karena itu, untuk mencegah cepatnya proses penuaan, anda harus mencegah beberapa indikator di bawah ini, sebagai berikut.



 

 

Kebiasaan Bikin Cepat Tua



 

Setiap manusia pasti akan mencapai fase menua dalam hidupnya, namun hal ini ternyata dapat hadir lebih cepat. Tentunya penuaan dini sangatlah merugikan banyak orang karena akan mengganggu penampilan dan kesehatan tubuh anda.


 

Oleh karena itu, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan anda lebih cepat menua, antara lain:




 

  • Terlalu sering mengonsumsi gula, hal ini dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan masalah pada gigi. Kebanyakan gula juga dapat mengurangi elastisitas kulit sehingga dapat dengan mudah mengerut, munculnya lingkaran hitam di bawah mata, dan hilangnya warna kulit secara keseluruhan. 



 

  • Tidur kurang dari 7-9 jam, hal ini akan berdampak fatal bagi kesehatan anda karena dapat memicu segala penyakit fisik maupun mental sehingga diharuskan untuk tidur tidak terlalu larut malam. Anda akan tampak kelelahan sepanjang hari dan terlihat lebih tua.



 

  • Mengabaikan minum 8 gelas sehari, mengonsumsi air sangat penting bagi tubuh, karena 90% tubuh mengandung air dan membutuhkan air dalam proses metabolik. Jika tubuh tidak ternutrisi dengan baik akan mempengaruhi kualitas kulit dan kemampuan kognitif anda (seperti mudah linglung, lupa dan tidak fokus).



 

  • Terlalu sering merokok, hal ini dapat berakibat fatal bagi kesehatan organ tubuh anda dan dapat memicu kanker. Merokok merupakan sumber mula munculnya hal-hal buruk pada tubuh anda termasuk penuaan dini.






 

Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai menerapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan dan vitamin d seperti buah, sayur, sumber protein, minyak ikan dan minyak zaitun.





 

REFERENSI



 

https://www.northeasternplasticsurgery.com/blog/everyday-habits-that-are-making-you-look-older

https://www.muhealth.org/our-stories/7-daily-habits-you-can-form-now-help-you-age-better-later

https://www.medicalnewstoday.com/articles/nutrition-tips#what-to-eat

YesDok Ads