Ini yang Terjadi saat Anda Menghindari Konsumsi Alkohol

April 05, 2023 | Helmi

konsumsi alkohol

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, alkohol memberikan banyak efek buruk pada kesehatan. Tapi terkadang, meskipun sudah mengetahuinya, banyak orang yang sulit untuk berhenti konsumsi alkohol. Tetapi, tahukah Anda jika menghindari konsumsi alkohol, Anda dapat merasakan manfaat positif bagi kesehatan Anda.

Alkohol dapat menyebabkan efek jangka pendek, seperti penurunan hambatan, dan efek jangka panjang, termasuk sistem kekebalan yang melemah. Anda tidak akan langsung merasakan dampak alkohol pada tubuh Anda, tetapi itu dimulai dari saat Anda mulai minum pertama kali.

Manfaat Tidak Konsumsi Alkohol

Tetapi bagi Anda yang sudah rutin konsumsi alkohol dan mulai mencoba berhenti, beberapa efek akan langsung terasa. Berikut ini efek yang akan terasa di tubuh ketika Anda mulai berhenti mengonsumsi alkohol:

Jantung Anda Menjadi Lebih Sehat

Anda mungkin berpikir bahwa segelas anggur merah biasa atau minuman beralkohol lainnya mungkin baik untuk jantung Anda. Tapi itu mungkin tidak benar, atau hanya berlaku untuk sippers ringan (kurang dari satu gelas sehari). 

Jika Anda menggunakan lebih dari itu, mengurangi atau berhenti dapat menurunkan tekanan darah, kadar lemak yang disebut trigliserida, dan kemungkinan gagal jantung.

Liver Anda Dapat Sembuh

Tugas hati Anda adalah menyaring racun. Dan alkohol beracun bagi sel Anda. Minum berat - setidaknya 15 minuman untuk pria dan delapan atau lebih untuk wanita seminggu - dapat merusak organ dan menyebabkan perlemakan hati, sirosis, dan masalah lainnya. 

Kabar baiknya, hati Anda dapat memperbaiki dirinya sendiri dan bahkan beregenerasi. Jadi selalu ada baiknya minum lebih sedikit atau berhenti.

Mungkin Menurunkan Berat Badan

Segelas bir biasa memiliki sekitar 150 kalori, dan satu porsi anggur memiliki sekitar 120 kalori. Selain sebagian besar kalori kosong itu, alkohol meningkatkan nafsu makan Anda. 

Itu juga membuat Anda lebih impulsif, dan kurang bisa menahan mengemil dan godaan makanan lain. Jadi ketika Anda menjauhi alkohol, angka pada menemukan berat badan Anda mungkin mulai turun.

Kehidupan Seks Anda Mungkin Meningkat

Alkohol dapat mempengaruhi kualitas Anda di ranjang. Pria mungkin mengalami kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Gairah seks wanita mungkin turun, dan vagina mereka mungkin menjadi lebih kering. Dengan mengurangi alkohol, kehidupan seks Anda mungkin akan jadi lebih abik.

Tidur Lebih Nyenyak

Alkohol mungkin membuat Anda mengantuk pada awalnya. Tapi begitu Anda tertidur, itu bisa membangunkan Anda berulang kali di malam hari. Ditambah lagi, itu mengganggu tahap tidur REM yang penting dan dapat mengganggu pernapasan Anda. 

Anda juga mungkin perlu bangun lebih sering untuk buang air kecil. Cobalah melewatkan konsumsi alkohol, terutama di sore dan malam hari, untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads