Ini Tanda-Tanda Kurang Gizi pada Wanita

April 12, 2023 | Claudia

kurang gizi pada wanita

Malnutrisi atau kurang gizi bisa terjadi pada siapapun, bahkan masalah ini juga tak selalu terkait dengan kemiskinan. Wanita rentan mengalami kondisi kurang gizi. Ini karena kebanyakan wanita terobsesi memiliki tubuh yang ramping, sehingga mereka membatasi asupan makan mereka. Apa tanda-tanda kurang gizi pada wanita yang perlu dikenali?

Banyak orang termasuk wanita, kerap mengabaikan masalah kesehatan mereka, hingga masalah ini menjadi besar dan tak terkendali. Tanda-tanda kurang gizi tidak akan muncul tiba-tiba, mereka berkembang perlahan dari waktu ke waktu.

Wanita muda yang menderita kekurangan gizi biasanya terjadi akibat mereka tidak makan dengan benar. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi junk food yang tidak memiliki nilai gizi, maka Anda sangat berisiko mengalami kondisi kurang gizi.

Tanda kurang gizi pada wanita

Berikut ini merupakan tanda-tanda kurang gizi pada wanita yang perlu dikenali:

Kelelahan

Tanda-tanda kurang gizi pertama dan yang paling potensial adalah kelelahan. Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk melakukan apapun, bahkan untuk makan. Ketika otot Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi penting, seperti kalsium, otot akan menjadi sangat lelah, dan pada akhirnya tubuh Anda akan kekurangan energi.

Tekanan darah rendah

Jika seseorang mengalami kurang gizi, ia akan selalu memiliki tekanan darah rendah. Ketika Anda kurang asupan karbohidrat dan lemak, maka akan terjadi kekurangan gula dalam darah. Ketika gula darah turun, tekanan darah juga akan ikut turun.

Pusing

Ketika tekanan darah menurun, Anda bisa kehilangan keseimbangan dan kepala Anda akan terasa seperti berputar. Ini menyebabkan pusing dan sakit kepala yang mengganggu.

Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh wanita. Wanita bisa saja mengalami anemia karena mereka tidak memiliki cukup makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, tubuh wanita juga akan kehilangan zat besi saat masa menstruasi dan juga saat melahirkan. Maka tak heran jika banyak wanita menderita anemia.

Rambut rontok

Rambut dan kulit akan menjadi sehat ketika tubuh juga sehat. Jika Anda tidak memiliki cukup makanan yang bergizi, maka rambut Anda akan menjadi lemah dan mudah patah. Jika Anda mengalami kerontokan rambut berlebih tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini akibat kondisi kurang gizi.

Jadwal menstruasi tidak teratur

Ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi dan kalsium, tubuh akan menjadi kelaparan. Tubuh kemudian mulai menyimpan nutrisi yang tersisa, dan dengan demikian menghentikan aliran darah menstruasi. Kekurangan zat besi merupakan salah satu alasan umum saat Anda tak mendapatkan jadwal menstruasi atau mengalami masa menstruasi yang pendek.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: washingtonpost.com)

YesDok Ads