INI CARA BUAT DIA TERGILA-GILA, PELAJARI LOVE LANGUAGE PASANGAN YUK!

October 17, 2023 | Dea

lovelanguage, bahasa, cinta, emosional, perasaan, kasihsayang, afeksi, ekspresi

Sobat YesDok, anda pasti memiliki seseorang yang selalu  mengisi hati dan pikiran. Karena sejatinya manusia adalah makhluk yang saling ketergantungan satu sama lainnya. Sehingga kehadiran pasangan dalam hidup sangat berperan penting dalam regulasi emosional seseorang.

 

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui beberapa jenis bahasa cinta pasangan anda loh sobat YesDok. Hal ini perlu anda pahami dan terapkan untuk meningkatkan ikatan emosional antara anda dan pasangan.

 

Yuk simak penjelasan mengenai love language di bawah ini yang berperan dalam psikologis seseorang, sebagai berikut.







 

Mengenal Love Language



 

Love language atau bahasa cinta merupakan suatu cara unik dalam mengekspresikan, memahami dan menerima perasaan cinta antara diri sendiri dan pasangan untuk meningkatkan ikatan emosional satu sama lain. 

 

Menurut Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Love Language: The Secret To Love That Lasts In 1995."  Bahasa cinta terbagi menjadi 5, antara lain:



 

  • Words Of  Affirmation
     

Pasangan yang sering memberikan pujian dan kata-kata afirmasi, afeksi  terhadap pasangan merupakan seseorang yang mengekspresikan cintanya dengan bahasa. Dirinya juga berharap untuk diperlakukan dengan penuh cinta lewat kata-kata penuh kasih dan sayang. 

 

 

Berikut ini beberapa bentuk bahasa cinta dengan kalimat afeksi, antara lain: 

 

  • Selalu meninggalkan pesan singkat dengan ungkapan pujian dan afirmasi positif terhadap pasangan.
     
  • Selalu meyakinkan cintanya terhadap pasangan dengan pujian.
     
  • Selalu mengirim pesan yang romantis terhadap pasangan.



 

  • Acts Of Service
     

Merupakan rasa cinta yang diekspresikan melalui tindakan ataupun upaya sederhana namun bermakna dalam yang sering dilakukan terhadap pasangan. Tipe ini lebih percaya dalam mengedepankan aksi, lebih baik dari sekedar berkata-kata. Tindakan kecil yang memberikan kenyamanan pada pasangan ia lakukan dengan inisiatif sendiri untuk mengekspresikan perasaan cinta terhadap pasangannya.
 

 

Berikut ini beberapa bentuk bahasa cinta dengan kalimat afeksi, antara lain: 
 

 

  • Menghidangkan peralatan makan di hadapan pasangan dengan gentle.
     
  • Membawa barang atau tas pasangan dengan inisiatif.
     
  • Memasangkan seatbelt pasangan dengan gentle.


 

  • Quality Time

 

Bentuk cinta ini selalu berusaha untuk meluangkan waktu khusus karena ingin menikmati momen-momen bersama pasangan. Selain itu, segala upaya dilakukan hanya  agar bisa melewati waktu bersama. Selalu berusaha menciptakan kenangan dan memori indah lewat aktivitas yang dilakukan bersama-sama.


 

  • Receiving Gifts 
     

Sangat bahagia ketika melihat pasangan menerima sesuatu dari dirinya. hadiah dan kejutan kecil  untuk pasangan dapat membuat dirinya merasa dicintai, berguna dan dibutuhkan pasangannya. Melihat orang terkasih bahagia adalah bagian dari kebahagiaannya.


 

  • Physical Touch
     

Perasaan cinta yang diekspresikan melalui sentuhan fisik. Hal ini tidak selalu dikaitkan dengan aktivitas seksual, melainkan suatu sentuhan yang sederhana sebagai penghubung agar dapat meningkatkan emosional satu sama lain.







 

REFERENSI



 

https://www.choosingtherapy.com/what-are-the-five-love-languages/

https://monitoringclub.org/what-is-a-love-language-meaning/

https://mantracare.org/therapy/what-is/love-languages-meaning/

YesDok Ads