Ini Alasan Kenapa Sariawan Sering Muncul Saat Puasa

April 09, 2023 | Aqiyu

sariawan saat puasa

Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan pada mulut. Sariawan membuat rasa tidak nyaman karena perih. Biasanya saat puasa, sariawan ini pun sering muncul dan mengganggu. Tahukah Anda kenapa sariawan saat puasa sering terjadi? Berikut ini penjelasannya.

Sariawan adalah luka kecil yang terbentuk di dalam mulut, biasanya pada lidah, bibir bagian dalam, gusi atau langit-langit mulut. Sariawan dapat terasa nyeri dan membuat makan dan minum menjadi sulit dan tidak nyaman. Sariawan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kurangnya asupan nutrisi, infeksi virus atau bakteri, atau reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh Terjadinya infeksi bakteri atau virus pada jaringan mulut karena sistem kekebalan tubuh yang menurun saat puasa. Serta trauma atau cedera pada jaringan mulut seperti gigitan atau luka yang dapat memicu munculnya sariawan.

Sariawan memang bisa terjadi pada saat puasa atau menjalani diet tertentu, karena pada saat ini tubuh kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, kurangnya asupan cairan saat puasa juga dapat membuat mulut menjadi lebih kering dan memperparah kondisi sariawan.

Untuk mencegah munculnya sariawan saat puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi cairan yang cukup seperti air putih, teh tanpa gula, atau jus buah segar untuk menjaga kelembaban mulut.

Jika sariawan tetap muncul saat puasa, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang pedas, asam, atau panas. Anda juga dapat menggunakan obat kumur atau salep antiseptik yang direkomendasikan oleh dokter gigi atau apoteker untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan. Sariawan biasanya sembuh sendiri dalam waktu satu atau dua minggu, namun dapat diobati dengan obat-obatan anti nyeri atau obat-obatan topikal yang mengandung antiseptik dan bahan pengurang nyeri.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: woodridge)

YesDok Ads