INGIN CEPAT HAMIL? SIMAK WAKTU TERBAIK UNTUK BERCINTA YUK!

December 27, 2023 | Dea

cara untuk hamil, bagaimana agar cepat hamil, cara supaya hamil, biar cepat hamil caranya, tips supaya cepat hamil, bagaimana cara hamil, yesdok

Sobat Yesdok, banyak pasangan ingin memiliki anak. Mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan intim dapat membantu anda hamil. Dalam artikel ini, kami akan membahas panduan yang diberikan oleh berbagai sumber kesehatan untuk menentukan waktu yang tepat untuk mendapatkan anak dengan cepat.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Waktu Terbaik Bercinta

Berikut ini merupakan waktu terbaik untuk berhubungan intim, antara lain:
 

1. Memahami Siklus Menstruasi

Langkah pertama yang sangat penting adalah memahami siklus menstruasi Anda. Ovulasi, atau pelepasan sel telur, terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi, biasanya 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata berlangsung 28 hari.
 

2. Waktu Ovulasi

Saat ovulasi, yang biasanya terjadi pada hari ke empat belas siklus menstruasi, adalah saat terbaik untuk berhubungan intim. Untuk memprediksi ovulasi dengan lebih akurat, gunakan alat ovulasi atau pengukuran suhu basal tubuh.
 

3. Rentang Fertilitas

Fertilitas wanita tidak terbatas pada hari ovulasi, sperma tetap berada di tubuh wanita selama beberapa hari, mulai dari lima hari sebelum ovulasi hingga satu atau dua hari setelahnya.
 

4. Frekuensi Hubungan Intim

Menjaga frekuensi hubungan intim selama periode subur dapat meningkatkan peluang kehamilan. Berhubungan intim setiap dua hingga tiga hari selama periode subur dapat memastikan adanya sperma yang siap untuk berhubungan dengan sel telur.
 

5. Posisi Tidur Setelah Berhubungan

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung, namun saran untuk berbaring selama beberapa menit setelah berhubungan intim diyakini dapat membantu sperma mencapai sel telur tanpa terhalang oleh gravitasi.
 

6. Mengurangi Stres

Stres dan cemas dapat memengaruhi kesuburan, jadi usahakan untuk menguranginya dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi, yoga, atau aktivitas relaksasi lainnya dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih baik untuk kehamilan.
 

7. Menghindari Merokok dan Alkohol

Baik merokok maupun alkohol memiliki efek pada kesuburan pria maupun wanita, dan mengurangi atau menghindari keduanya dapat meningkatkan peluang kehamilan.
 

8. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Konsultasikan segera dengan dokter jika pasangan mengalami kesulitan hamil setelah satu tahun berusaha atau setelah enam bulan jika wanita berusia di atas 35 tahun. Saran dan pemeriksaan medis dapat membantu menemukan penyebab kesuburan.


 

Langkah pertama menuju kehamilan adalah memahami kapan tepat untuk melakukan hubungan seksual. Untuk menjadi orang tua yang bahagia, tetaplah konsisten, memahami siklus menstruasi anda, dan menjalani gaya hidup sehat. Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan medis jika diperlukan, dan tetaplah sadar selama proses ini.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/sex-for-pregnancy#timing

https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-a-pregnancy/how-to-get-pregnant/timing-sex-pregnancy

https://www.acog.org/womens-health/experts-and-stories/the-latest/trying-to-get-pregnant-heres-when-to-have-sex

https://www.yourfertility.org.au/everyone/timing

 

YesDok Ads