HINDARI 7 MAKANAN INI JIKA PAKAI BEHEL

January 04, 2024 | Dea

makanan untuk pemakai behel, pasang behel, makanan beresiko saat pasang behel, resiko pakai behel, konsekuensi pasang behel, makanan lengket untuk behel, bahaya mengunyah es untuk behel, yesdok

Sobat Yesdok, memakai behel adalah investasi dalam kesehatan gigi dan senyum yang memerlukan perhatian khusus terhadap kebersihan dan keamanan makanan. Untuk memastikan proses perbaikan gigi berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat memakai behel.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

7 Pantangan Makanan Saat Pakai Behel

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari saat memakai behel, antara lain:
 

1. Makanan yang Klep dan Tidak Sehat

Hindari makanan seperti kacang-kacangan keras, permen karamel, dan makanan ringan yang dapat merusak behel karena dapat merusak kawat behel dan menghambat pergerakan gigi yang diinginkan.
 

2. Makanan yang Melekat atau Lengket

Makanan yang melekat atau lengket, seperti permen karet, permen karamel, atau permen yang dapat menempel pada behel, dapat membuat membersihkan gigi dan behel lebih sulit. Ini dapat meningkatkan kemungkinan plak muncul dan kerusakan gigi.
 

3. Makanan Asam

Makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti jeruk, lemon, atau minuman bersoda, dapat merusak lapisan email gigi dan meningkatkan risiko pembentukan noda. Asam juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada gigi yang baru saja dipasang behel
 

4. Mengunyah Es atau Benda Keras Lainnya

Hindari mengunyah es atau benda keras lainnya karena dapat merusak kawat, bracket, atau bahkan gigi itu sendiri. Anda juga harus menghindari menggunakan gigi untuk membuka benda keras.
 

5. Minuman Berwarna atau Berkafein Berlebihan

Minuman berwarna atau berkafein seperti kopi atau minuman berenergi juga dapat menyebabkan noda pada bracket atau kawat behel. Selain itu, minuman berkafein dapat menyebabkan kekeringan mulut, yang meningkatkan risiko kerusakan gigi.
 

6. Makanan yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada gigi dan behel.
 

7. Kebiasaan Menggigit Benda Non-Makanan

Untuk menjaga kesehatan dan keberlanjutan perawatan behel, hindari kebiasaan menggigit benda-benda non-makanan, seperti pensil, pulpen, atau kuku.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter gigi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/what-can-you-eat-with-braces#keep-avoiding

https://www.hampsteadortho.co.uk/blog/what-foods-to-eat-and-avoid-with-braces/

https://www.thedentalsurgery.co.uk/what-to-eat-and-avoid-with-braces/

https://www.verywellhealth.com/what-you-can-and-cant-eat-with-braces-1059351

 

YesDok Ads