HINDARI 5 KEBIASAAN MEMICU KEHIDUPAN STUCK

April 23, 2024 | Dea

stagnan adalah, stagnan, stagnan artinya, apa itu stagnan, arti stagnan, kehidupan stuck, stuck life, pemicu kehidupan stuck, penyebab hidup  stuck,  yesdok

Sobat Yesdok, kebiasaan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas hidup dan membuat seseorang merasa terjebak atau stuck dalam rutinitas yang monoton. Jika merasa hidup anda tidak bergerak maju, mungkin ada kebiasaan tertentu yang perlu diubah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Kebiasaan Memicu Hidup Stagnan

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar hidup anda tidak terjebak dalam siklus yang tidak produktif, antara lain:
 

1. Menunda-Nunda Pekerjaan

Salah satu kebiasaan yang paling umum dan berbahaya adalah prokrastinasi. Menunda pekerjaan dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan keterlambatan dalam mencapai tujuan. Untuk menghindari kebiasaan ini, cobalah menetapkan tujuan kecil dan fokus pada hal-hal yang dapat anda lakukan.
 

2. Terlalu Bergantung pada Zona Nyaman

Bagi mereka yang ingin mencapai sesuatu yang lebih besar, zona nyaman dapat menjadi jebakan. Terlalu bergantung pada zona nyaman dapat membuat anda takut mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman secara bertahap dan mencoba hal-hal baru.
 

3. Selalu Memikirkan Hal-Hal Negatif

Pola pikir negatif dapat memengaruhi kesehatan mental dan membuat anda terjebak dalam siklus kecemasan dan depresi. Anda dapat menghindari kebiasaan ini dengan berlatih kesadaran diri dan berkonsentrasi pada hal-hal positif dalam hidup. Memiliki orang yang mendukung juga dapat membantu mengubah pola pikir.
 

4. Tidak Menjaga Keseimbangan Hidup

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan anda. Jika ini terganggu, anda mungkin merasa lelah atau tidak semangat. Coba susun jadwal sehingga anda dapat mengalokasikan waktu untuk pekerjaan, keluarga, hobi, dan istirahat yang cukup.
 

5. Menolak Bantuan atau Dukungan

Anda dapat terjebak dalam siklus stres dan kesepian jika percaya bahwa anda harus menyelesaikan segala sesuatu sendiri. Ketika membutuhkan bantuan atau dukungan dari teman, keluarga, atau profesional, jangan ragu untuk memintanya. Bantuan dari sumber luar dapat menawarkan perspektif baru dan membantu anda menyingkirkan kebiasaan yang tidak bermanfaat.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/how-to-break-a-habit

https://www.insighttherapyllc.com/mental-health-articles/104-5-habits-that-keep-you-stuck-in-a-cycle-of-anxiety

https://informi.co.uk/blog/18-destructive-habits-that-are-hindering-your-success

YesDok Ads