HINDARI 5 HAL INI SAAT MELAHIRKAN MOMS!

October 18, 2023 | Dea

melahirkan, persalinan, normal, pernapasan, mengejan

Sobat YesDok,  proses melahirkan normal adalah saat-saat paling menegangkan dalam hidup. Pasalnya, seorang ibu akan mempertaruhkan hidup dan matinya untuk menghadirkan buah cintanya ke dunia ini.



 

Sehingga bagi anda yang akan memilih untuk melakukan persalinan normal, anda wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini, sebagai berikut.







 

5 Hal Yang Wajib Dihindari Saat Persalinan


 


 

Berikut ini merupakan 5 hal yang wajib anda hindari saat melakukan persalinan normal, antara lain:


 

  • Hindari Berteriak Secara Berlebihan
     

Karena hal ini dapat membuat ibu merasakan kelelahan yang berlebihan, sehingga ditakutkan akan kehilangan kontrol diri sehingga tidak bisa mengejan dengan baik seterusnya. Selain itu, berteriak dapat membuat pita suara dan tenggorokan ibu menjadi sakit. Cobalah atur pernapasan sebaik mungkin dan sebaiknya melatihnya jauh-jauh hari sejak masa hamil.




 

  • Hindari Mengejan Sembarangan
     

Hal ini perlu diperhatikan oleh ibu, karena mengejan secara acak dan mengabaikan aba-aba dokter atau bidan dapat membuat pembengkakan atau edema pada mulut rahim ibu. Cobalah untuk mengikuti instruksi dokter dan bidan agar persalinan berjalan lancar.



 

  • Hindari Menutup Mata
     

Kondisi memejamkan mata saat persalinan sangat beresiko menyebabkan pecahnya pembuluh darah disekitar mata. Sebaiknya fokuskan arah mata anda ke perut agar anda dapat lebih rileks saat mengatur pernapasan dan tidak merasa terganggu fokusnya.




 

  • Hindari Rasa Cemas Berlebihan
     

Kondisi cemas berlebihan dan tidak rileks saat persalinan menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga akan mempersulit proses persalinan normal. Cobalah untuk menghadapi rasa takut dan rasa sakit. Usahakan untuk melakukan olahraga meditasi atau yoga saat hamil.



 

  • Hindari Mengangkat Panggul Saat Mengejan

     

Kondisi ini sangat berbahaya dilakukan, karena dapat membuat perineum menjadi sobek lebar dan membutuhkan banyak jahitan. Usahakan untuk lebih rileks agar tubuh tidak bereaksi secara impulsif.






 

REFERENSI


 

https://utswmed.org/medblog/5-tips-natural-childbirth/

https://utswmed.org/medblog/5-tips-natural-childbirth/

https://www.healthline.com/health/what-not-to-do-after-giving-birth#hide-your-struggles

YesDok Ads