HIDUNG SELALU MAMPET, SIMAK 7 GEJALA SINUSITIS YUK!

December 15, 2023 | Dea

gejala sinusitis adalah, gejala sinusitis ringan, gejala awal sinusitis, ciri ciri gejala sinusitis, tanda dan gejala sinusitis, gejala infeksi sinus, gejala sakit sinusitis, apa saja gejala sinusitis, yesdok

Sobat Yesdok, Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah sinusitis, di mana dinding sinus membengkak dan peradangan. Ini dapat terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau faktor alergi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh gejala umum sinusitis berdasarkan informasi dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), Cleveland Clinic, dan National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Gejala Sinusitis

Berikut ini beberapa gejala sinusitis, antara lain:
 

1. Nyeri atau Tekanan di Wajah

Nyeri atau tekanan di area wajah, terutama di sekitar hidung dan mata, adalah gejala yang paling umum dari sinusitis. Gejala ini dapat meningkat saat Anda membungkuk atau meletakkan kepala ke bawah.
 

2. Sekret Hidung Berwarna Hijau atau Kuning

Warna hijau atau kuning di sekitar hidung dapat menunjukkan bahwa ada infeksi di sinus. Perubahan warna ini menunjukkan bahwa sel-sel darah dan bahan lain berjuang melawan infeksi.
 

3. Peningkatan Produksi Ingus dan Batuk

Penderita sinusitis sering mengalami peningkatan produksi ingus, yang dapat terasa mengalir di belakang tenggorokan. Darah yang berlebih dari sinus ke tenggorokan juga dapat menyebabkan batuk.
 

4. Pengaruh pada Indra Penciuman dan Pengecapan 

Sinusitis dapat mempengaruhi indera penciuman dan pengecapan. Penderita mungkin tidak dapat mencium bau atau merasakan makanan dengan baik.
 

5. Peningkatan Nyeri Kepala

Gejala lain sinusitis adalah nyeri kepala, terutama di dahi dan belakang mata. Nyeri ini bisa tumpul atau tajam, dan biasanya memburuk saat berbaring atau membungkuk.
 

6. Demam dan Kelelahan 

Jika sinusitis disertai dengan infeksi, ini dapat menyebabkan demam dan kelelahan. Ini adalah reaksi tubuh terhadap infeksi dan pembengkakan yang terjadi di sinus.
 

7. Pembengkakan pada Wajah dan Area Mata

Dalam beberapa kasus sinusitis, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri, pembengkakan dapat muncul di sekitar mata dan wajah. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan penampilan wajah yang tidak biasa.
 

Langkah pertama untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat adalah mengidentifikasi gejala sinusitis. Jika seseorang mengalami gejala yang menunjukkan sinusitis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lanjutan dan pengobatan yang efektif. Kualitas hidup seseorang dapat dipengaruhi oleh sinusitis, dan penanganan yang tepat dapat mempercepat pemulihan.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://acaai.org/allergies/allergic-conditions/sinus-infection/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17701-sinusitis

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470383/

 

YesDok Ads