GEJALA KANKER TULANG SEJAK DINI

April 01, 2024 | Dea

penyebab kanker tulang, gejala kanker tulang, gejala kanker tulang belakang, apa penyebab kanker tulang, kanker tulang adalah, apa itu kanker tulang, ciri ciri kanker menyebar ke tulang, yesdok

Sobat Yesdok, jenis kanker yang jarang terjadi adalah kanker tulang yang dapat sangat serius. Kanker ini bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Mengetahui gejalanya sejak awal dapat membantu diagnosis dan pengobatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Kanker Tulang

Berikut adalah beberapa gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Nyeri Tulang yang Persisten

Nyeri yang tidak hilang, terutama saat istirahat, adalah salah satu gejala utama kanker tulang. Nyeri ini dapat menjadi lebih buruk pada malam hari atau ketika bergerak.
 

2. Pembengkakan dan Benjolan

Salah satu tanda kanker tulang adalah pembengkakan di sekitar area tulang atau munculnya benjolan yang terasa keras. Benjolan ini mungkin terasa sakit atau tidak sakit.
 

3. Patah Tulang yang Terjadi Tanpa Sebab yang Jelas

Tanda lainnya yakni dapat berupa patah tulang yang tidak disebabkan oleh trauma atau cedera yang signifikan, terutama pada orang dewasa.
 

4. Lemah dan Kelelahan

Ini mungkin karena kanker telah menyebar dan memengaruhi sumsum tulang sehingga menyebabkan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, bahkan setelah istirahat yang cukup.
 

5. Penurunan Berat Badan Drastis

Kehilangan berat badan yang signifikan tanpa alasan yang jelas dapat merupakan gejala kanker tulang yang telah menyebar.
 

6. Sakit pada Sendi

Kanker tulang dapat menyebabkan kaku dan nyeri pada sendi terdekat.
 

7. Nyeri yang Terus Berlanjut Setelah Istirahat

Jika nyeri tidak hilang bahkan setelah istirahat yang lama, itu bisa menunjukkan masalah serius seperti kanker tulang.

Pemeriksaan dan diagnosis kanker tulang termasuk pemeriksaan fisik, tes darah, dan pemeriksaan pencitraan seperti X-ray, MRI, atau CT scan. Terkadang, biopsi tulang juga diperlukan untuk mengonfirmasi diagnosis.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/bone-cancer/symptoms

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/bone-cancer/

https://www.cancer.org/cancer/types/bone-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html

 

YesDok Ads