FETUS IN FETU: KEHAMILAN ATAU KEMBARAN DI PERUT BAYI?

October 31, 2023 | Dea

fetusinfetu, hamil, bayilaki-laki, sumaterabarat, limabulan, parasit, tumor, kanker, embriogenesis, teratoma, bayikembar, selgerminal

Sobat YesDok, tahukah anda dengan kasus yang lagi viral di Sumatera Barat? Dikutip dari kompas.com, seorang bayi laki-laki yang diisukan sedang hamil di usia lima bulan. Tentunya hal ini cukup menggemparkan warga sekitar dan netizen di sosmed.
 

Dalam video ditunjukkan bahwa perut bayi tersebut terlihat membengkak seperti sedang hamil. Pembengkakan ini sudah berlangsung selama tiga bulan. Kondisi ini termasuk sangat langka di dunia. Kondisi ini dikenal dengan Fetus In Fetu dalam istilah medis.


 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Fetus In Fetu


 

Fetus in fetu merupakan suatu kondisi langka yang didefinisikan sebagai kehadiran salah satu bayi kembar di dalam tubuh bayi kembar lainnya. Kondisi ini sering muncul di daerah retroperitoneal dan sacrococcygeal.
 

Meskipun bayi kembar yang tumbuh, namun bayi ini tidak terbentuk sempurna dalam tubuh bayi lainnya. Sehingga eksistensinya hanya sebagai parasit dan tumor yang dikenal  dengan istilah tumor teratoma.

 

Sel germinal bisa berisi gigi, rambut, otot, dan tulang. Selain itu juga dapat berisi hati, paru-paru, otak dan kelenjar tiroid. Kasus ini terjadi pada 1 banding 500.000 orang. Fetus in fetu sebagian besar terletak di perut hingga 80%, terdapat di rongga tengkorak, mediastinum (rongga di antara paru-paru), skrotum, dan panggul.



 

Berikut ini diagnosis yang terjadi pada fetus in fetu, antara lain:
 

  • Embriogenesis anomali yaitu kehamilan kembar monokronik diamniotik yaitu zigot kembaran yang cacar terletak dalam tubuh kembarannya.

     
  • Teratoma termasuk jenis tumor sel germinal (sel yang dapat berubah menjadi sel lain) yang berada di sel reproduksi, seperti telur dan sperma. Teratoma bersifat jinak (bukan kanker) namun terkadang bisa ganas (kanker).


     

Berikut ini gejala teratoma, antara lain:
 

  • Terlihat membengkak pada perut
     
  • Berdarah
     
  • Nyeri pada pembengkakan
     
  • Peningkatan kadar hormon BhCG
     
  • Peningkatan kadar penanda tumor AFP






 

REFERENSI



 

https://radiopaedia.org/articles/fetus-in-fetu

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2810823/

https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/29/120000565/ramai-soal-bayi-5-bulan-di-sumatera-barat-disebut-hamil-ini-faktanya?page=all

YesDok Ads