Dapat Tingkatkan Kualitas Hidup Kesehatan, Ini Pentingnya Menerapkan PHBS

March 19, 2023 | Iman

menerapkan phbs

PHBS adalah singkatan dari pola atau perilaku hidup bersih dan sehat. Lebih tepatnya, PHBS adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar. Perilaku hidup sehat ini dapat diterapkan di mana saja, mulai dari rumah, sekolah, lingkungan kerja, hingga tempat umum.

Tujuan menerapkan PHBS adalah untuk meningkatkan kualitas hidup melalui kegiatan yang berlandaskan atas kesadaran diri sendiri. Selain menjaga kualitas hidup diri sendiri, menerapkan PHBS juga bertujuan untuk melindungi kesehatan orang terdekat serta melestarikan lingkungan sekitar.

Pentingnya Menerapkan PHBS

Adapun sejumlah kegiatan yang menjadi indikator dalam keberhasilan menerapkan PHBS adalah sebagai berikut:

1. Cuci Tangan menggunakan Sabun dan Air Mengalir

Salah satu contoh perilaku hidup bersih dan sehat adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan tangan yang sering kali menjadi sarana penyebaran bakteri dan virus penyebab penyakit.

Apabila tidak menemukan akses sabun dan air mengalir, pastikan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70%.

2. Jaga Kebersihan Toilet

Menjaga kebersihan toilet juga menjadi indikator penting dalam gerakan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini dikarenakan toilet kerap menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Selama menerapkan PHBS, penting bagi Anda untuk memperhatikan kebutuhan gizi tubuh. Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut melalui konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Selain itu, pastikan pula makanan yang Anda sajikan telah diolah dengan bersih dan higienis agar terhindar dari kontaminasi virus maupun bakteri patogen.

4. Olahraga secara Rutin

Olahraga secara rutin diketahui dapat menjaga kebugaran tubuh serta meningkatkan sistem imunitas yang turut mencegah berbagai macam serangan penyakit. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga mampu menurunkan stres yang berdampak pada kesehatan tubuh. Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

5. Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Merokok adalah salah satu kebiasaan tak sehat yang perlu dihindari untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker mulut dan paru.

Selain merokok, gaya hidup tidak sehat yang harus dihindari selama menjalankan PHBS adalah kebiasaan begadang dan konsumsi alkohol berlebih.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: healthline)

YesDok Ads