DAMPAK SERING MANDI DENGAN AIR HANGAT

April 17, 2024 | Dea

mandi air hangat, efek mandi air hangat, mandi air hangat setiap hari, bahaya mandi air hangat untuk pria, bahaya mandi air hangat, efek samping mandi air hangat, lebih bagus mandi air dingin atau hangat, yesdok

Sobat Yesdok, terutama setelah hari yang panjang atau cuaca yang dingin, mandi dengan air hangat seringkali menjadi kesenangan yang dinantikan. Apakah anda tahu bahwa mandi dengan air hangat dapat membahayakan kulit dan tubuh ? 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Dampak Mandi Air Hangat

Berikut ini beberapa bahaya atau dampak jika terlalu sering mandi dengan air panas atau hangat, antara lain:
 

1. Kulit Kering dan Pecah-pecah

Air hangat dapat menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan kekeringan dan pecah. Ini terjadi karena air hangat merusak lapisan perlindungan alami kulit dan mengganggu keseimbangan minyak kulit.
 

2. Peradangan dan Iritasi Kulit

Suhu air tinggi dapat menyebabkan peradangan pada kulit, terutama pada orang dengan kulit sensitif atau rentan terhadap masalah kulit seperti eksim atau dermatitis. Peradangan dapat menyebabkan kulit gatal, kemerahan, atau bahkan ruam.
 

3. Kerusakan Struktur Kulit

Air panas dapat memengaruhi cara kolagen dan protein lainnya dibuat, yang berfungsi untuk menjaga kulit sehat dan kencang. Kehilangan elastisitas kulit dan munculnya garis-garis halus dan kerutan lebih cepat dapat terjadi jika anda keseringan mandi dengan air hangat.
 

4. Gangguan pada Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi tubuh anda dapat terkena dampak paparan air hangat terus-menerus. Suhu air yang tinggi dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan pusing atau pingsan.
 

5. Menurunkan Kualitas Rambut

Air panas dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, merusak lapisan minyak alami kulit kepala, menyebabkan rambut pecah, bercabang, dan kusam.

Mandi dengan air hangat memiliki banyak keuntungan, seperti mengurangi stres dan relaksasi otot, tetapi penting untuk tidak melakukannya terlalu sering. Untuk menjaga keseimbangan kulit dan tubuh, mandi dengan air hangat dan air dingin harus dilakukan secara teratur. Selain itu, setelah mandi dengan air hangat, pastikan untuk menggunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab. 



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://share.upmc.com/2015/01/hot-shower-bad-skin

https://ghanaeducation.org/side-effects-of-bathing-with-hot-water-each-day/

https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower

 

YesDok Ads