DAMPAK PERCERAIAN BAGI PSIKOLOGIS ANAK

May 07, 2024 | Dea

dampak perceraian bagi anak, dampak perceraian bagi anak perempuan, dampak perceraian bagi anak balita, dampak orang tua bercerai bagi anak, dampak negatif perceraian bagi anak, yesdok

Sobat Yesdok, banyak pasangan suami istri menghadapi masalah untuk memutuskan untuk bercerai. Dampaknya terhadap anak-anak adalah salah satu dampak terbesar yang sering diabaikan dari keputusan tersebut. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Dampak Perceraian

Perceraian akan membuat anak-anak menjadi korbannya. Sering kali mereka menjadi saksi langsung dari konflik tersebut. Hal ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan rasa tidak aman.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang umum terjadi pada anak-anak yang orang tuanya bercerai, antara lain:
 

1. Perubahan Emosional

Anak-anak akan merasakan amarah, kesedihan dan kebingungan. Reaksi emosional dapat bervariasi, berdasarkan usia anak dan sejauh mana mereka memahami situasi tersebut.
 

2. Penurunan Prestasi Akademik

Prestasi akademik anak akan terdampak, karena mereka akan merasa tertekan dengan perpisahan orang tuanya. Kesulitan untuk fokus dalam pelajaran, karena mereka merasa tidak berharga dan diabaikan.
 

3. Perubahan Perilaku 

Perubahan perilaku yang signifikan, menjadi lebih agresif dan mudah emosi. Seringkali mereka akan menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupannya untuk menarik perhatian keluarganya.
 

4. Masalah Tidur dan Makan

Mereka akan lebih mudah stres dan cemas, sehingga akan menolak untuk makan ataupun nafsu makan otomatis menurun, begitupun dengan jam tidurnya.
 

Meskipun perceraian harus terjadi, karena orang tua juga berhak untuk terbebas dari tekanan psikologisnya, seumur hidup terlalu lama bagi kedua orang yang sudah merasa tidak cocok bersatu. Perceraian bukan juga hal buruk, sehingga dianggap sebagai pintu darurat. Meskipun, telah bercerai orang tua tetaplah orang tua. Berusahalah untuk tetap menjaga hubungan baik satu sama lain, sehingga tidak menularkan energi negatif tersebut kepada anak-anak.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://familyassist.msf.gov.sg/content/impact-of-divorce/impact-of-divorce-on-children/understanding-the-effects-of-divorce-on-children/long-term-impact-of-divorce-on-children

https://marripedia.org/effects_of_divorce_on_children_s_health

https://www.australianfamilylawyers.com.au/information-centre/how-divorce-affects-children

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.