DAMPAK MENGGIGIT KUKU BAGI KESEHATAN TUBUH

May 08, 2024 | Dea

kebiasaan menggigit kuku, menggigit kuku, gigit kuku, akibat gigit kuku, kebiasaan gigit kuku, kebiasaan anak gigit kuku jari tangan, bahaya gigit kuku, yesdok

Sobat Yesdok, menggigit kuku, juga dikenal sebagai "onychophagia", adalah kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh anak-anak dan terus berlanjut hingga dewasa. Meskipun kebiasaan ini tampaknya tidak berbahaya, sebenarnya dapat membahayakan kesehatan seseorang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Dampak Menggigit Kuku

Berikut adalah beberapa dampak menggigit kuku bagi kesehatan, antara lain:
 

1. Infeksi Bakteri dan Jamur 

Menggigit kuku dapat menyebabkan luka kecil di sekitar kuku. Ini memungkinkan bakteri seperti jamur Candida dan Staphylococcus aureus untuk masuk ke dalam tubuh. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan bahkan paronikia, yang merupakan infeksi serius pada kulit di sekitar kuku.
 

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Menular 

Tangan yang kotor dapat menyebarkan berbagai penyakit menular, menurut CDC. Dengan menggigit kuku, Anda dapat menyebarkan bakteri atau virus dari tangan ke mulut, meningkatkan risiko penyakit seperti flu, pilek, dan penyakit perut. Selain itu, kebiasaan ini dapat membawa kuman ke area tubuh lain, seperti mata atau hidung.
 

3. Merusak Struktur Kuku

Menggigit kuku terlalu sering dapat merusak struktur kuku. Bisa rapuh, patah, atau bahkan terlepas dari dasar. Selain itu, kebiasaan ini dapat mengganggu pertumbuhan normal kuku, menyebabkan kuku tumbuh dalam bentuk yang tidak sesuai.
 

4. Dampak pada Gigi dan Gusi

Menggigit kuku dapat merusak gusi dan gigi. Tekanan terus-menerus pada gigi dapat menyebabkan retak atau pecah, dan menggigit kuku dapat menyebabkan abrasi pada gusi, yang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Selain itu, kebiasaan ini dapat menyebabkan tekanan berulang yang menyebabkan ketidakseimbangan pada otot wajah dan rahang.
 

5. Masalah Kesehatan Mental  

Rasa tertekan, gugup, atau bosan sering dikaitkan dengan gigit kuku. Kebiasaan ini dapat merupakan indikasi gangguan psikologis yang lebih serius, seperti OCD. Menggigit kuku secara teratur dapat menyebabkan rasa malu atau rendah diri, yang pada gilirannya dapat berdampak pada kesehatan mental secara keseluruhan.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/hygiene/personal-hygiene/nails.html

https://www.uclahealth.org/news/article/how-biting-your-nails-is-affecting-your-health

https://healthbeat.corewellhealth.org/can-biting-your-nails-make-you-sick/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.