DAMPAK BURUK MAKAN MIE INSTAN

December 13, 2023 | Dea

bahaya terlalu sering makan mie instan, mie instan yang berbahaya di indonesia, merek mie instan paling berbahaya, bahaya mie instan untuk ibu hamil, mie instan berbahaya, yesdok

Sobat Yesdok, mengonsumsi mie instan sangat digemari oleh beberapa orang, karena penyajiannya yang praktis dan murah, selain itu rasanya yang sangat menambah nafsu makan membuat mie instan sangat dicari. Meskipun praktis, banyak studi dan riset telah menunjukkan bahwa konsumsi mie instan secara berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya Mie Instan

Berikut ini beberapa bahaya mengonsumsi mie instan bagi kesehatan, antara lain:
 

1. Kandungan Garam yang Tinggi

Seringkali, mie instan mengandung banyak garam. Menurut Healthline, mengonsumsi banyak garam meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.
 

2. Penggunaan Bahan Pengawet dan Pemanis Buatan

Mirchi mengatakan bahwa mie instan sering mengandung pemanis buatan dan pengawet. Jika digunakan dalam jangka panjang, bahan-bahan ini dapat menyebabkan obesitas, resistensi insulin, dan risiko penyakit metabolik.
 

3. Risiko Kenaikan Berat Badan

Mie instan, yang seringkali kurang serat dan protein, meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang tidak sehat. Ini dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan dan konsumsi kalori yang berlebihan.
 

4. Kandungan MSG (Monosodium Glutamat) 

National Nutrition Council Philippines menyatakan bahwa beberapa merek mie instan mengandung MSG, yang dalam jumlah besar dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan seperti sakit kepala, mual, dan gangguan tidur.
 

5. Risiko Gangguan Metabolisme 

Menurut penelitian yang diterbitkan di PubMed Central, konsumsi mie instan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme seperti resistensi insulin, yang merupakan tanda awal diabetes tipe 2.
 

6. Rendahnya Kandungan Gizi

Mi instan sering kurang nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan diet yang tidak seimbang dan kekurangan gizi.
 

7. Risiko Paparan BPA (Bisphenol A)

Kemasan mie instan mungkin mengandung BPA, senyawa kimia yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti gangguan hormonal dan perkembangan anak-anak, menurut Healthline.
 

Meskipun mie instan dapat menjadi solusi praktis dalam beberapa situasi, penting untuk mengingat risiko kesehatan yang terkait dengan mengonsumsi terlalu banyak. Sebaliknya, makan makanan yang lebih sehat, seperti makanan segar dan alami, dapat membantu anda tetap sehat dalam jangka panjang. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang tetap penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/ramen-noodles

https://mirchi.in/stories/lifestyle/6-negative-side-effects-of-eating-instant-noodles/98284630

https://www.nnc.gov.ph/regional-offices/mindanao/region-ix-zamboanga-peninsula/6604-dangers-of-consuming-instant-noodles

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5449380/

 

YesDok Ads