CARA MENGHILANGKAN KUTU AIR PADA KAKI

March 27, 2024 | Dea

kutu air, kutu air di kaki, penyebab kutu air, ciri ciri kutu air, cara menghilangkan kutu air, cara mengobati kutu air di sela jari kaki, cara mengatasi kutu air, kutu air bernanah, yesdok

Sobat Yesdok, kutu air, juga dikenal sebagai "tinea pedis" atau "kaki atlet", adalah infeksi jamur yang sering terjadi pada kulit kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, gatal, dan kemerahan di sekitar kaki, termasuk di antara jari-jari kaki. Kutu air tidak berbahaya, tetapi sangat mengganggu dan dapat menyebar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Kutu Air

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menghilangkan kutu air pada kaki, antara lain:
 

1. Menjaga Kebersihan Kaki

Langkah pertama dalam mengobati kutu air adalah menjaga kebersihan kaki. Cuci kaki anda setiap hari dengan sabun dan air hangat, terutama setelah berkeringat atau berolahraga.
 

2. Menjaga Kaki Tetap Kering

Karena kutu air menyukai air, menjaga kaki kering adalah penting untuk menghilangkan infeksi ini. Mengeringkan kaki dengan benar setelah mencuci atau mandi, terutama di antara jari-jari.
 

3. Gunakan Obat Topikal

Untuk mengobati kutu air, ada banyak krim, salep, dan bubuk yang tersedia secara gratis di apotek. Obat-obatan ini biasanya mengandung zat anti-jamur yang membunuh jamur penyebab kutu air dengan cepat. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat.
 

4. Hindari Penggunaan Sepatu yang Ketat

Hindari sepatu ketat atau sintetis yang menciptakan kondisi lembab. Pakailah sepatu yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti kanvas atau kulit.
 

5. Gunakan Kaos Kaki yang Bersih

Ganti kaus kaki dan cuci dengan air panas setiap hari untuk mencegah jamur tumbuh dan menghilangkan kutu air lebih cepat.
 

6. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Untuk mencegah penyebaran infeksi, selalu gunakan alas kaki jika anda berada di tempat umum seperti kolam renang atau ruang olahraga. Hindari berbagi handuk, sepatu, atau barang pribadi lainnya dengan orang lain.

Penting untuk memulai pengobatan segera setelah gejala muncul dan menjaga kebersihan kaki dan lingkungan sekitarnya agar terhindar dari infeksi yang lebih parah, tetapi kutu air pada kaki dapat diatasi dengan tindakan yang tepat dan perawatan yang konsisten.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/athletes-foot/symptoms-causes/syc-20353841

https://www.nhs.uk/conditions/athletes-foot/

https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/disease/athletes_foot.html

 

YesDok Ads