CARA MENCEGAH ASAM LAMBUNG KAMBUH

May 02, 2024 | Dea

cara mencegah asam lambung, mencegah asam lambung, pencegahan asam lambung, cara mencegah asam lambung naik, mencegah asam lambung naik, cara mencegah penyakit asam lambung, yesdok

Sobat Yesdok, ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di dada yang dikenal sebagai heartburn, asam lambung atau penyakit refluks gastroesophageal (GERD) adalah kondisi yang sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas hidup. Namun, ada banyak cara untuk mencegah asam lambung kembali. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mencegah Asam Lambung Kambuh

Berikut ini beberapa tips dan strategi efektif untuk mencegah asam lambung kambuh, antara lain:
 

1. Mengubah Pola Makan

Pola makan memiliki peran penting dalam mencegah asam lambung kambuh. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah:
 

  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan asam lambung. Makanan pedas, berlemak, asam, dan kafein adalah beberapa contoh makanan yang dapat menyebabkan asam lambung, jadi anda harus mengurangi porsi makanan ini untuk mengurangi risiko terkena asam lambung.
     
  • Melatih diri untuk makan dalam porsi kecil, karena makan dalam porsi besar dapat meningkatkan tekanan di lambung dan menyebabkan asam naik ke kerongkongan. Cobalah makan lebih sering tetapi dalam porsi kecil.
     
  • Makan dengan cepat meningkatkan risiko asam lambung, jadi pastikan untuk makan perlahan dan kunyah makanan dengan baik.

 

2. Hindari Minuman yang Memicu Asam Lambung

Beberapa minuman dapat memicu asam lambung, seperti:
 

  • Minuman berkafein: Minuman seperti kopi, teh, dan energi dapat menyebabkan sakit perut.
     
  • Minuman berkarbonasi: Minuman berkarbonasi dan minuman berkarbonasi lainnya dapat meningkatkan tekanan lambung.
     
  • Alkohol: Alkohol dapat mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung masuk ke kerongkongan.

     

3. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat meningkatkan risiko asam lambung. Sebaiknya anda makan setidaknya dua hingga tiga jam sebelum tidur untuk memberi waktu lambung untuk mencerna makanan dan mengurangi kemungkinan asam lambung muncul saat anda berbaring.
 

4. Pertahankan Berat Badan Sehat

Menurunkan berat badan jika diperlukan dan menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah asam lambung kambuh karena berat badan berlebih meningkatkan tekanan di lambung dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.
 

5. Mengubah Posisi Tidur

Tidur dengan kepala lebih tinggi dari tubuh dapat membantu mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan. Untuk membentuk kemiringan, gunakan bantal yang lebih tinggi atau letakkan bantal di bawah kepala tempat tidur.
 

6. Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat membantu mengurangi gejala asam lambung karena merokok mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung naik.
 

7. Kelola Stress

Stres dapat memengaruhi fungsi lambung dan memperburuk gejala asam lambung. Kontrol stres anda dengan berolahraga, meditasi, atau kegiatan santai lainnya.
 

8. Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter

Pastikan anda mengonsumsi obat seperti antasida atau penghambat pompa proton (PPI) sesuai anjuran dokter, jika memerlukan obat untuk mengendalikan gejala asam lambung.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn

https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/9-ways-to-relieve-acid-reflux-without-medication

https://www.healthline.com/nutrition/heartburn-acid-reflux-remedies#limit-fatty-food

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.