CARA MEMBUAT ANAK JADI PENURUT, LAKUKAN TEKNIK HYPNOPARENTING MOMS

October 03, 2023 | Dea

hipnoterapi, hypnoparenting, anak, parenting, polaasuh, sugesti, alpha-theta, alambawahsadar

Sobat YesDok, bagi anda yang sudah memiliki anak dan merasa anak anda sulit untuk diarahkan dan cenderung bertindak sesuka hatinya sebetulnya hal tersebut merupakan hal yang wajar dialami oleh anak seusianya. Namun, hal ini tentunya akan menjadi ketakutan terbesar anda di masa depan jika anak terus tumbuh dengan sifat tersebut.


 

Sebaiknya anda mempelajari tipe pola asuh  agar anda bisa melatih anak anda sesuai dengan harapan baik anda terhadapnya. Tetapi dalam menerapkan salah satu teknik pola asuh anda juga harus menerapkan hypnoparenting sobat YesDok. 

 

Oleh karena itu, simak penjelasan terkait hypnoparenting di bawah ini, sebagai berikut.


 

 





 

Mengenal Hypnoparenting



 

Hypnoparenting merupakan teknik pola asuh dengan metode komunikasi melalui alam bawah sadar anak, mensugesti nya dengan hal-hal positif. Waktu terbaik menerapkannya yaitu saat berdoa, bermain, menggambar, sebelum tidur, sebelum bangun dan saat makan. 
 

Hypnoparenting ini menggunakan metode hipnosis, memberikan sugesti menggunakan kalimat berulang-ulang saat anak berada pada gelombang alpha-theta, dengan mengucapkan kalimat afirmasi yang membangun rasa kepercayaan diri dan hal-hal positif lainnya.

 

Dalam membentuk kepribadian seorang anak dibutuhkan lingkungan yang mendukung dan peranan orang tua secara langsung. Interaksi yang terjadi disekitarnya akan menjadi cerminan yang membentuk kepribadiannya di masa depan. Kemampuan bersosialisasi, berpendapat, mengaktualisasi diri, dan perilaku menyimpang pertama kali anak serap melalui keluarga.




 

Langkah Hypnoparenting



 

Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan hypnoparenting, antara lain:

 

  • Pastikan kondisi anak dan orang tua sama-sama rileks.


 

  • Cari waktu yang terbaik terutama saat anak berada dalam gelombang alpha-theta, yakni saat menjelang tidur.


 

  • Berbicara dengan nada yang lembut dan menenangkan.


 

  • Lakukan kontak fisik seperti mengusap-usap kepalanya dan punggung tubuhnya.


 

  • Ucapkan kalimat-kalimat afirmasi dan sugesti yang berisi harapan baik anda terhadap anak.


 

  • Melakukan metode ini secara konsisten dan menjadi kebiasaan.





 

Beberapa tahapan dalam  melakukan metode hypnoparenting, antara lain:



 

  • Tahap pre-talk, dengan memberikan pertanyaan sederhana kepada anak mengenai suatu hal yang ia gemari, hal ini ditujukan untuk membangun keakraban di awal.



 

  • Tahap Pre-induction, di tahap ini anak sudah dalam kondisi ternyamannya, orang tua berusahalah untuk mengarahkan anak mengatur pernapasan agar menjadi lebih rileks.



 

  • Tahapan induction, anak sudah berada di gelombang alpha-theta, pada tahap ini aktivitas otak kirinya tidak akan dominan sehingga ia akan menerima segala sugesti orang tua dengan baik.



 

  • Tahapan sugesti, arahkan anak untuk melakukan kebiasaan yang baik dengan kalimat saran bukan larangan.




 

Tolak ukur keberhasilan hypnoparenting yaitu perubahan perilaku anak secara bertahap sesuai dengan arahan anda. Teknik ini tidak akan terjadi secara instan diperlukan waktu yang sangat lama kesabaran dan kekonsistenan orang tua dalam mendidiknya.


 

Metode hipnoterapi sangat baik dilakukan untuk penyembuhan dari dalam diri. Jika anda ingin memulai untuk terapi ini  anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah  ataupun membuat janji temu dengan ahlinya. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh. 






 

REFERENSI

 

https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/36157

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/01/18/10424127/6.tahapan.quothypnoparentingquot

 

YesDok Ads