BOLEHKAH OBAT TABLET DIGERUS? INI 7 FAKTA DAN DAMPAKNYA

May 08, 2024 | Dea

daftar obat yang tidak boleh digerus, gerus obat, gerus obat adalah, obat tidak boleh digerus, obat tidak boleh gerus, obat yang tidak boleh digerus, obat yang tidak boleh digerus dan penjelasannya, yesdok

Sobat Yesdok, mengonsumsi obat dengan cara yang benar sangat penting untuk memastikan bahwa obat itu efektif dan aman untuk dikonsumsi. Beberapa orang mungkin mempertimbangkan untuk menggerus tablet atau membuka kapsul untuk lebih mudah ditelan, tetapi tindakan ini dapat berdampak negatif, bahkan fatal, tergantung pada jenis obat dan cara kerjanya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Efek Obat Digerus

Berikut adalah beberapa fakta dan dampaknya terkait menggerus obat tablet, antara lain:
 

1. Mengubah Keefektifan Obat

Menggerus obat dapat mengubah cara obat bekerja dalam tubuh. Beberapa tablet dirancang untuk melepaskan bahan aktifnya secara bertahap atau di lokasi tertentu dalam saluran pencernaan, tetapi menggerusnya dapat menyebabkan pelepasan bahan aktif terlalu cepat atau di tempat yang salah, yang mengurangi keefektifannya.
 

2. Meningkatkan Risiko Efek Samping

Bahan aktif obat yang dimaksudkan untuk dilepaskan secara bertahap dapat dilepaskan segera setelah obat digerus. Ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping dan overdosis, terutama untuk obat-obatan kuat seperti analgesik, antidepresan, atau obat jantung.
 

3. Mengganggu Lapisan Pelindung 

Beberapa obat tablet memiliki lapisan pelindung yang melindungi perut dari iritasi atau melindungi obat dari asam lambung. Menggerus lapisan pelindung ini dapat menyebabkan iritasi perut atau menurunkan efektivitas obat karena asam lambung menjadi rusak.
 

4. Potensi Penyalahgunaan dan Kecanduan  

Menggerus obat tertentu dapat meningkatkan risiko penyalahgunaan dan kecanduan. Beberapa obat, seperti opioid, dapat disalahgunakan dengan cara dihirup atau disuntik setelah digerus, menyebabkan kecanduan dan risiko overdosis.
 

5. Mengganggu Penghantaran Obat

Beberapa obat tablet dibuat dengan teknologi khusus untuk memastikan bahwa bahan aktifnya didistribusikan secara merata di dalam tubuh. Menggerusnya dapat mengganggu distribusi obat, yang dapat menyebabkan distribusi yang tidak tepat atau efek terapi yang lebih buruk
 

6. Berbahaya Bagi Orang Lain 

Menggerus obat dapat menyebabkan debu atau partikel obat menyebar di udara. Ini dapat berbahaya bagi orang lain yang menghirupnya, terutama bagi mereka yang alergi terhadap bahan obat tersebut atau memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dapat diperburuk oleh paparan obat.
 

7. Kesalahan Dosis

Menggerus obat dapat menyebabkan kesalahan dosis karena tidak mungkin memastikan bahwa semua bahan aktif tercampur secara merata saat digerus. Ini dapat menyebabkan dosis yang tidak konsisten, yang dapat mengganggu efektivitas pengobatan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://oceanhillsrecovery.com/never-crush-addictive-drugs/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/55205#1

https://www.citizen.org/article/for-some-drugs-crushing-tablets-or-opening-capsules-can-yield-fatal-consequences/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.