Seksualitas
Dewasa
+1

BEGINI MENGATASI PENIS CAPTIVUS ATAU GANCET, TANPA HARUS MALU!

September 12, 2023 | Dea

peniscaptivus, gancet, vaginismus, seks

Pernahkah anda mendengar peristiwa gancet ? atau suatu kejadian dimana tersangkutnya alat kelamin pria atau mr p di dalam lubang vagina wanita saat melakukan hubungan seksual. Hal ini menyebabkan pasangan menjadi panik, masyarakat awam tak jarang mengaitkan peristiwa ini dengan hukuman dari tuhan atau karma.
 

Padahal kejadian ini dapat dijelaskan secara medis dan psikologis loh sobat YesDok. Oleh karena itu jangan langsung menghakimi sesuatu tanpa tahu penyebab ilmiahnya. Karena peristiwa ini juga sering sekali dialami oleh pasutri dalam kehidupan seksualnya. Sebagai manusia lebih baik kita mengambil banyak pelajaran dari pada sibuk menghujat orang lain.
 

Agar dapat mengetahui penangannya, lebih baik simak penjelasan di bawah ini dengan cermat sebagai berikut.

 

 

Penyebab Penis Captivus 


 

Penis captivus atau orang awam menyebutnya sebagai gancet merupakan kondisi yang menyebabkan terjepitnya alat vital pria atau penis pada vagina wanita saat hendak melakukan hubungan seksual. 
 

Penis terjepit karena kontraksi berlebihan oleh otot vagina secara tiba-tiba saat melakukan penetrasi. Karena saat ereksi penis pria akan membesar, sehingga otot vagina berkontraksi menyebabkan lubang dalam vagina terasa sempit dan menjepit. 
 

Hal ini akan membuat penis sulit untuk dikeluarkan dan akan sangat terasa sakit jika dipaksakan, sehingga membuat pasangan harus menempel dalam waktu yang lebih lama. Peristiwa ini juga disebabkan karena terjadinya vaginismus pada wanita.

 

Vaginismus yaitu kondisi dimana otot-otot vagina yang berkontraksi mengetat yang dapat membuat vagina menutup dengan sendirinya. Hal ini membuat pasangan tidak dapat melakukan hubungan intim.

 

Penanganan Vaginismus
 

Berikut merupakan beberapa langkah penanganan yang dapat anda lakukan jika mengalami peristiwa ini, antara lain :

 

  • Berusahalah untuk tidak panik dan mengatur pernafasan agar tetap rileks
  • Jangan menarik paksa penis karena ini akan menyebabkan iritasi dan luka
  • Jangan mencoba untuk mencungkil lubang vagina atau membuka paska
  • Berusahalah untuk berbicara santai agar mencairkan suasana sehingga gairah menurun
  • Biarkan dalam beberapa menit untuk membuatnya melemas dengan sendirinya

     

Kondisi ini akan terlepas dengan sendirinya sehingga anda tidak perlu ketakutan, rasa panik anda lah yang membuatnya tertahan lebih lama. Sehingga anda dan pasangan harus sama-sama mengalihkan pikiran dan fokus agar menjadi lebih tenang sehingga kontraksi  otot pada vagina mereda.



 

REFERENSI

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1596579/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210908184646-255-691645/mengenal-istilah-gancet-dari-penjelasan-medis

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15723-vaginismus

YesDok Ads