BAHAYA KESERINGAN MAKAN GORENGAN BISA MENGIDAP ATEROSKLEROSIS LOH!

September 24, 2023 | Dea

Aterosklerosis, gorengan, pembuluh, darah

Sobat YesDok, bagi anda yang sangat suka mengonsumsi gorengan dan makanan yang mengandung minyak yang sangat tinggi, harus berhati-hati karena kebiasaan ini dapat memicu penyakit kronis pada organ tubuh anda loh.


 

Selain itu, hal ini dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam pembuluh darah anda sehingga dapat menyebabkan aliran darah anda tidak dapat mensuplai darah ke organ tubuh dengan jumlah yang normal.

 

Oleh karena itu, anda harus menyimak indikasi penyakit aterosklerosis di bawah ini, sebagai berikut.

 

Penyebab Aterosklerosis



 

Aterosklerosis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh (arteri) menjadi tebal dan kaku yang dapat melimitasi aliran darah ke organ dan jaringan diseluruh tubuh. Kondisi ini menyebabkan arteri mengeras disebut sebagai pengerasan arteri.

 

Penyempitan pembuluh darah karena plak kolesterol yang menempel ke dinding pembuluh darah dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke, sumbatan pembuluh darah perifer, dsb.


 

Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai sumbatan dan masalah pada arteri tubuh anda.



 

Tahapan Terbentuknya Aterosklerosis



 

Berikut ini merupakan tahapan terjadinya aterosklerosis, antara lain:

 

  • Kerusakan Endotel dan Imun Tubuh
     

Endotel merupakan lapisan sel tipis yang menutupi lapisan dalam dinding arteri anda (intima). Hal ini dapat menyebabkan sel darah putih berpindah ke lokasi cedera yang berkumpul dan dapat menyebabkan peradangan pada arteri.




 

  • Pembentukan Garis Lemak
     

Hal ini membentuk sel busa merupakan sel darah putih yang memakan penyerang sel, karena memakan kolesterol menyebabkannya tampak berbusa. Aktivasi sel busa ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada endotelium.




 

  • Pertumbuhan Plak
     

Plak muncul dari sel busa yang menumpuk pada dinding arteri sehingga menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan secara bertahap akan mempersempit lumen (bukaan pada arteri).




 

  • Plak Erosi (pecah)
     

Pada tahap ini bekuan darah terbentuk di arteri karena pecahnya plak atau erosi plak hal ini karena lapisan fibrosa yang menutupi plak pada akhirnya pecah. Hal ini akan membuat sel-sel endotel perlahan mengikis. Hal ini akan membuat pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.



 

Jika anda merasakan gangguan pada jantung anda setelah keseringan mengonsumsi gorengan atau makanan junk food lainnya sebaiknya anda segera berkonsultasi dan memeriksakan diri anda kepada dokter spesialis jantung, agar dapat segera ditangani sebelum semakin kronis.




 

REFERENSI


 

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16753-atherosclerosis-arterial-disease
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1276/plak-aterosklerosis-mungkinkah-menyusuthttps://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/arteriosclerosis-atherosclerosis/symptoms-causes/syc-20350569

 

YesDok Ads