BAHAYA ASAP ROKOK BAGI IBU HAMIL

April 16, 2024 | Dea

bahaya asap rokok bagi ibu hamil, bahaya asap rokok untuk ibu hamil, asap rokok untuk ibu hamil, akibat asap rokok pada ibu hamil, apa bahaya asap rokok bagi ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, merokok selama kehamilan berbahaya bagi ibu dan janinnya. Selama kehamilan dan setelah kelahiran, paparan terhadap asap rokok dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Bahaya Asap Rokok

Berikut ini adalah beberapa risiko yang harus dipahami oleh ibu hamil terkait dengan kebiasaan merokok, antara lain:
 

1. Berat Badan Bayi yang Rendah

Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang merokok atau terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan sepanjang hidupnya, termasuk masalah pertumbuhan dan perkembangan.
 

2. Kelahiran Prematur

Paparan asap rokok dapat menyebabkan kelahiran prematur. Bayi prematur lebih rentan terhadap berbagai komplikasi medis dan lebih rentan terhadap kematian dibandingkan dengan bayi yang lahir pada usia kehamilan normal.
 

3. Kehamilan Ektopik dan Abortus

Wanita yang merokok memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kehamilan ektopik, yang berarti janin tumbuh di luar rahim. Mereka juga berisiko mengalami keguguran secara spontan.
 

4. Kerusakan Organ Janin

Selama kehamilan, merokok dapat merusak paru-paru dan otak janin, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti gangguan pernapasan dan gangguan perkembangan.
 

5. Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi

Ibu yang merokok memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS), yang merupakan penyebab kematian utama pada bayi di bawah satu tahun dan seringkali tidak menunjukkan gejala atau tanda yang jelas.
 

6. Masalah Perkembangan dan Kognitif

Selama kehamilan, paparan asap rokok dapat mempengaruhi perkembangan otak janin, yang dapat menyebabkan masalah perilaku, belajar, dan kognitif pada anak-anak dan remaja.
 

7. Kanker Anak

Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita leukemia dan tumor otak.

Sangat penting untuk diingat bahwa tidak ada jumlah merokok yang benar-benar aman selama kehamilan. Bahkan paparan asap rokok sekunder atau asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil dari lingkungan sekitarnya juga dapat berdampak negatif pada janin. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menghindari sepenuhnya merokok untuk melindungi diri mereka sendiri dan bayi yang mereka kandung.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/tobacco/basic_information/health_effects/pregnancy/index.htm

https://bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12889-022-14881-4

https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/diseases/pregnancy.html

 

YesDok Ads