ATASI KELOPAK MATA LENGKET PADA BAYI

September 11, 2023 | Dea

matalengket, dacryostenosis, bayi

Setelah membaca artikel sebelumnya terkait penyebab mata lengket pada bayi, anda pasti ingin segera mengetahui penanganan yang tepat untuk menyembuhkan kondisi tersebut pada bayi anda. Oleh karena itu, anda harus simak dan ikuti langkah-langkah mengatasi dacryostenosis pada bayi, sebagai berikut.

 

Mengatasi Mata Lengket 


 

Agar anak anda dapat tidur nyenyak dan tenang dan membuatnya berhenti menangis secara terus menerus, anda harus melakukan cara penanganan untuk kondisi dacryostenosis pada bayi sobat YesDok di bawah ini, antara lain anda dapat menekan atau memijat secara perlahan sekitar punctum / lubang ekskreesi air mata bayi anda untuk mengeluarkan kotoran dan lendir yang terperangkap.

 

Namun anda perlu melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik pada bayi anda. Hal yang akan disarankan oleh dokter antara lain :

1.  Memeriksa saluran lakrimal pada bayi

2. Melakukan pemijatan pada punctum bayi/ lubang air mata

3. Meresepkan obat antibakteri

4. Melakukan prosedur anestesi

5. Memasukan probe/ tumpul kecil atau kaula irigasi ke dalam punctum untuk mengeluarkan sumbatan pada saluran lakrimal

6. Melakukan irigasi dengan garam

7. Intubasi nasolakrimalis untuk melepaskan stent/ terbuat dari silikon pada ujung sistem nasolakrimal, dilepas hingga 6 bulan kemudian.


 

Tahapan diatas hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli medis/ doker spesialis THT. Sehingga anda dapat melakukan  konsultasi lebih lanjut agar anak anda dapat sembuh dan ditangani dengan benar. Sehingga tidak terjadi komplikasi atau masalah lainnya dikemudian hari pada area mata bayi anda.


 

REFERENSI

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK563132/

https://kmu.id/kenali-ciri-penyumbatan-saluran-air-mata-pengobatannya/

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/belekan-pada-bayi-baru-lahir-normalkah

YesDok Ads