ARTRITIS PSORIATIK ITU APA? SIMAK 6 PENYEBABNYA YUK

February 26, 2024 | Dea

psoriatic arthritis, psoriatic arthritis adalah, psoriatic arthritis skin lesions, psoriatic arthritis skin, psoriatic arthritis types, psoriatic arthritis risk factors, psoriatic arthritis symptoms, yesdok

Sobat Yesdok, Artritis psoriatik adalah jenis arthritis yang berkaitan dengan psoriasis, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya plak kulit kemerahan dan bersisik. Kondisi ini mempengaruhi sendi, menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembengkakan. Ini dapat mempengaruhi beberapa sendi di tubuh, seperti lutut, siku, pergelangan tangan, dan kaki.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Penyebab Artritis Psoriatik

Artritis psoriatik tidak memiliki penyebab yang pasti, namun beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, antara lain:
 

1. Faktor Genetik

Ada kemungkinan bahwa memiliki riwayat keluarga psoriasis atau artritis psoriatik meningkatkan kemungkinan terkena kondisi tersebut. Studi telah menunjukkan bahwa ada korelasi antara artritis psoriatik dan genetika.
 

2. Psoriasis 

Banyak orang sebelum artritis psoriatik memiliki psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan plak kemerahan dan bersisik di kulit.
 

3. Sistem Kekebalan Tubuh yang Berlebihan

Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak biasa menyebabkan artritis psoriatik. Sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat di sendi karena menganggapnya sebagai ancaman, menyebabkan peradangan.
 

4. Infeksi

Infeksi tertentu dapat menyebabkan atau memperburuk gejala artritis psoriatik pada beberapa orang. Namun, penelitian lebih lanjut masih menyelidiki hubungan antara infeksi dan artritis psoriatik.
 

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti merokok dan stres juga dapat memengaruhi perkembangan artritis psoriatik.
 

6. Obesitas

Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena artritis psoriatik atau memperburuk gejalanya. Tubuh dapat mengalami peradangan karena lemak tubuh yang berlebihan.

Kebanyakan orang dengan artritis psoriatik dapat menjalani hidup yang aktif dan nyaman dengan pengobatan yang tepat. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat untuk setiap kasus.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriatic-arthritis/symptoms-causes/syc-20354076

https://versusarthritis.org/about-arthritis/conditions/psoriatic-arthritis/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK547710/

 

YesDok Ads