APAKAH TELUR SETENGAH MATANG AMAN? SIMAK 5 MANFAATNYA YUK

March 07, 2024 | Dea

manfaat telur setengah matang, manfaat makan telur setengah matang, manfaat telur setengah matang bagi pria, manfaat telur setengah matang bagi wanita, manfaat kuning telur setengah matang, manfaat telur setengah matang untuk ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, banyak orang menyukai telur setengah matang, terutama mereka yang menyukai rasa kuning telur yang masih sedikit cair. Namun, ada banyak perdebatan tentang keamanan telur setengah matang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Manfaat Telur Setengah Matang

Berikut adalah penjelasan mengenai keamanan telur setengah matang serta lima manfaatnya, antara lain:

 

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Telur kaya akan protein dan asam amino esensial, dan jika anda memasak telur setengah matang, anda masih dapat menikmati proteinnya tanpa mengorbankan rasa dan tekstur yang disukai.
 

2. Kandungan Nutrisi yang Lebih Tertinggi

Menurut beberapa penelitian, telur setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada telur yang dimasak hingga matang sempurna. Ini karena pemasakan yang lama dan panas dapat merusak beberapa nutrisi, seperti vitamin B dan zat besi.
 

3. Lebih Rendah Kandungan Kalori

Telur setengah matang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah daripada telur yang benar-benar matang, jika anda memperhatikan asupan kalori dan ingin tetap sehat, telur setengah matang adalah pilihan yang baik.
 

4. Tekstur dan Rasa yang Lebih Menarik

Orang menyukai telur setengah matang karena rasa dan tekstur kuningnya yang masih sedikit cair. Ini membuat makan lebih menarik dan menyenangkan, terutama saat disajikan dengan roti panggang atau salad.
 

5. Cepat dan Mudah untuk Disiapkan

Telur setengah matang dapat disiapkan dengan cepat dan mudah sebagai sarapan atau camilan sehat dalam waktu singkat karena membutuhkan waktu memasak yang lebih singkat daripada telur yang matang sempurna.

Meskipun mengonsumsi telur setengah matang memiliki beberapa manfaat, perlu diingat bahwa masih ada kemungkinan terkena infeksi bakteri seperti Salmonella. Untuk mengurangi risiko ini, gunakan telur segar dan simpan dengan benar di lemari es sebelum dimasak. Untuk tetap aman, masak telur setengah matang hingga suhunya minimal 160 derajat Fahrenheit (71 derajat Celsius). Anda dapat menikmati telur setengah matang dengan aman dan nikmat jika memperhatikan hal-hal ini.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://eggbath.com/blogs/articles/are-soft-boiled-eggs-safe-to-eat

https://foodess.com/article/soft-boiled-eggs-vs-hard-boiled-eggs/

https://www.saudereggs.com/blog/hard-boiled-vs-soft-boiled-eggs/

 

YesDok Ads