APAKAH CUACA BURUK BISA MEMPERPARAH REMATIK? MITOS ATAU FAKTA

January 12, 2024 | Dea

apa itu rematik, cara mengobati rematik, gejala rematik, penyebab rematik, rematik arthritis, cara mencegah rematik, cara mengatasi rematik, yesdok

Sobat Yesdok, autoimun rematik termasuk RA, adalah kondisi yang berlangsung lama yang memengaruhi sendi dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Banyak mitos beredar tentang apakah cuaca buruk dapat memperburuk gejala autoimun rematik, khususnya RA. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Pengaruh Cuaca pada Rheumatoid Arthritis

Berikut ini beberapa mitos dan fakta terkait pengaruh cuaca buruk terhadap rematik, antara lain:


Menurut penelitian dari NCBI, belum ada penelitian ilmiah yang jelas terkait hubungan antara cuaca dan rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan cuaca dapat memengaruhi gejala RA, tetapi temuan ini tidak konsisten di antara penderita RA. Untuk memahami dampak cuaca secara lebih mendalam, lebih banyak penelitian perlu dilakukan.

Menurut Medical News Today, beberapa orang yang menderita rheumatoid arthritis mengatakan bahwa cuaca buruk, terutama perubahan suhu dan kelembaban, dapat memperparah gejala mereka. Namun, ini masih menjadi subjek penelitian yang kontroversial, dan banyak faktor yang dapat memengaruhi cara seseorang terhadap cuaca.

Healthline mengatakan bahwa sementara beberapa orang dengan RA mungkin merasa lebih tidak nyaman saat cuaca buruk, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa cuaca secara langsung menyebabkan atau memperparah RA. Sebaliknya, faktor lain, seperti stres, aktivitas fisik, dan perubahan hormon, mungkin berkontribusi pada gejala pasien.

 

Kesimpulan

Berdasarkan informasi yang ada saat ini, belum ada konsensus ilmiah yang menunjukkan bahwa cuaca buruk secara konsisten memperparah rematik autoimun, khususnya RA. Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa cuaca memengaruhi gejala mereka, banyak faktor lain yang dapat memengaruhi pengalaman ini. Oleh karena itu, meskipun pengaruh cuaca mungkin benar bagi beberapa orang, itu tidak dapat dianggap sebagai faktor umum yang memicu atau memperburuk RA secara universal. 
 

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7492902/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/seasonal-change-rheumatoid-arthritis

https://www.healthline.com/health/arthritis-weather

 

YesDok Ads