APA ITU VISCERAL FAT? INI 5 DAMPAKNYA BAGI TUBUH PRIA

March 19, 2024 | Dea

visceral fat adalah, visceral fat normal, apa itu visceral fat, visceral fat artinya, cara menghilangkan visceral fat, normal visceral fat, bahaya visceral fat, yesdok

Sobat Yesdok, lemak visceral adalah jenis lemak yang menumpuk di sekitar organ dalam tubuh seperti jantung, hati, dan ginjal. Berbeda dengan lemak subkutan yang terletak di bawah kulit, visceral fat menempel pada organ penting ini dan dapat berdampak negatif pada kesehatan seseorang, terutama pada pria. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Visceral Fat

Lemak visceral adalah lemak yang terakumulasi di sekitar organ dalam tubuh dan berfungsi untuk menjaga suhu dan menyimpan energi. Namun, terlalu banyak lemak visceral dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

 

Dampak visceral fat bagi tubuh pria, antara lain:
 

1. Resiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah dikaitkan dengan lemak visceral. Tekanan darah, kadar kolesterol jahat (LDL), dan resiko terkena penyakit jantung koroner pada pria dapat meningkat karena ada kadar lemak yang tinggi di sekitar organ vital.
 

2. Resiko Diabetes Tipe 2

Resistensi insulin dan diabetes tipe 2 juga terkait dengan lemak visceral. Jika kadar glukosa darah tinggi, itu dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan menyebabkan diabetes.
 

3. Gangguan Metabolisme

Lemak visceral dapat mengganggu metabolisme tubuh, termasuk pengelolaan energi dan pengaturan kadar gula darah. Akibatnya, ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan atau kesulitan menurunkan berat badan.
 

4. Gangguan Hormonal

Selain itu, lemak visceral mempengaruhi produksi hormon pria. Kadar lemak tinggi dapat mengganggu keseimbangan hormon, seperti insulin dan testosteron, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan.
 

5. Penyakit Kronis Lainnya

Akumulasi lemak visceral telah dikaitkan dengan risiko terkena sejumlah penyakit kronis lainnya, termasuk kanker tertentu, gangguan pernapasan, dan gangguan fungsi hati gangguan fungsi hati, selain diabetes dan penyakit jantung.
 

Pria harus mengelola berat badan mereka dan memperhatikan tingkat lemak dalam tubuh mereka untuk mengurangi dampak negatif visceral fat. Menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, menghindari stres, dan menjaga keseimbangan hormon tubuh adalah beberapa cara untuk mengurangi visceral fat.

Visceral fat menentukan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan penampilan. Pria dapat mempertahankan kesehatan dan kesejahteraan mereka untuk jangka waktu yang lebih lama dengan memahami dampak dan mengambil tindakan preventif yang tepat.

 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthdirect.gov.au/how-to-reduce-visceral-body-fat-hidden-fat

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6906176/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24147-visceral-fat

 

YesDok Ads