APA ITU ODGJ? SIMAK KARAKTERISTIKNYA YUK!

January 05, 2024 | Dea

karakteristik odgj, gejala odgj, odgj adalah, odgj artinya, kepanjangan odgj, odgj singkatan dari, penyebab odgj, ciri odgj, odgj berat adalah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ) adalah kelompok orang yang mengalami kesulitan dan ketidakmampuan untuk menjalani kehidupan sehari-hari sebagai akibat dari kondisi kesehatan mental yang signifikan. Artikel ini akan menjelaskan ODGJ dan mengeksplorasi enam ciri utamanya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Penjelasan Mengenai ODGJ

Berikut ini beberapa fakta mengenai orang dalam gangguan jiwa, antara lain:
 

1. Definisi dan Lingkup ODGJ

ODGJ mencakup berbagai kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Di antaranya adalah gangguan mood, kecemasan, psikosis, dan gangguan kepribadian.
 

2. Gejala dan Tanda Kesehatan Mental 

Perubahan suasana hati, gangguan tidur, perubahan berat badan, isolasi sosial, dan pikiran atau perilaku yang tidak biasa adalah beberapa gejala ODGJ. Sangat penting untuk menemukan gejala ini untuk memulai perawatan yang sesuai.
 

3. Dampak pada Keseharian

ODGJ dapat berdampak besar pada kehidupan sehari-hari seseorang. Salah satu bentuk ODGJ adalah gangguan kepribadian, yang dapat memengaruhi hubungan interpersonal, kestabilan emosional, dan pola perilaku sehari-hari.
 

4. Penyebab dan Faktor Risiko

Genetika, lingkungan, dan pengalaman hidup adalah beberapa penyebab atau faktor risiko ODGJ. Ketidakseimbangan zat kimia otak, stres berlebihan, dan trauma dapat menjadi penyebab atau faktor risiko.
 

5. Kategori Gangguan Kepribadian

Salah satu jenis ODGJ adalah gangguan kepribadian, yang diklasifikasikan oleh NHS Inform Scotland dalam tiga kategori utama: cluster A (gejala yang aneh dan eksentrik), cluster B (gejala yang dramatis dan emosional), dan cluster C (gejala yang cemas dan takut).
 

6. Peran Profesional Kesehatan Mental

The American Journal of Psychiatry menyatakan bahwa diagnosis dan pengendalian ODGJ sangat penting bagi profesional kesehatan mental. Terapi, pengobatan, dan dukungan sosial dapat membantu orang yang mengalami gangguan mental untuk mendapatkan kesehatan mental terbaik mereka.
 

Keluarga, teman, dan masyarakat berperan dalam memberikan dukungan untuk orang dengan ODGJ, jadi mengatasi ODGJ memerlukan pendekatan holistik. Diharapkan masyarakat dapat mendukung dan membantu orang dengan ODGJ untuk mendapatkan kesejahteraan mental yang lebih baik.


 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.verywellmind.com/what-is-mental-health-2330755

https://www.healthdirect.gov.au/mental-illness

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/mental-health/personality-disorder/

https://ps.psychiatryonline.org/doi/10.1176/appi.ps.201100442

 

YesDok Ads