APA ITU MODUS OPERANDI? SIMAK 6 CIRINYA YUK

March 08, 2024 | Dea

modus operandi, modus operandi adalah, gabber modus operandi, apa itu modus operandi, modus operandi meaning, contoh modus operandi, modus operandi artinya, modus operandi penipuan online, yesdok

Sobat Yesdok, ketika orang berbicara tentang kejahatan, istilah yang paling sering muncul adalah "modus operandi", yang sering disingkat menjadi MO. Modus operandi mengacu pada metode unik atau cara yang digunakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan kriminal mereka. Dalam investigasi kriminal, pemahaman modus operandi sangat penting.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Modus Operandi

Berikut ini beberapa ciri dari modus operandi dalam kehidupan masyarakat, antara lain:
 

1. Identifikasi Pola Perilaku

Pola-pola dari modus operandi dapat diidentifikasi dari cara mereka memilih target, cara mereka melakukan kejahatan, atau bahkan cara mereka melarikan diri dari tempat kejahatan. 
 

2. Konsistensi

Konsistensi adalah karakteristik utama modus operandi. Untuk melakukan berbagai tindakan kriminal, pelaku biasanya menggunakan pendekatan yang sama atau serupa. Seorang pencuri barang, misalnya, mungkin menggunakan pendekatan yang sama untuk memasuki bangunan dan mencuri barang berharga tanpa meninggalkan jejak yang jelas.
 

3. Unik

Setiap pelaku kejahatan memiliki hal-hal yang membedakan mereka dari yang lain. Ini bisa berupa detail kecil dalam cara mereka melakukan kejahatan atau preferensi pribadi pelaku untuk memilih metode atau target. Ini terjadi meskipun modus operandi tetap sama.
 

4. Adaptabilitas

Pelaku kejahatan juga dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang berubah, meskipun mereka bertindak dengan cara yang konsisten. Untuk menghindari dikenali atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, mereka dapat mengubah modus operandi mereka. 
 

5. Identifikasi Pelaku

Modus operandi dapat dideteksi dengan menghubungkan pola dari berbagai kasus kejahatan yang mungkin tampak terpisah pada awalnya dengan melihat cara mereka bertindak dan berperilaku. Ini meningkatkan kemungkinan penangkapan pelaku dan memungkinkan mereka untuk membangun profil yang lebih komprehensif tentang pelaku.
 

6. Peran dalam Penyelidikan Kriminal

Pemahaman modus operandi pelaku sangat penting dalam penyelidikan kriminal karena membantu penegak hukum mengumpulkan bukti, membuat taktik penyamaran, dan memperkirakan serangan berikutnya. Dengan memahami cara pelaku bertindak, penegak hukum dapat lebih mudah menangkap dan menghentikan mereka.

Jadi, modus operandi adalah ide penting dalam investigasi kriminal yang membantu dalam pemahaman dan identifikasi pelaku kejahatan. Penegak hukum dapat meningkatkan hasil penyelidikan dan mengurangi risiko kejahatan di masyarakat dengan memahami pola perilaku pelaku.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10360985/

https://www.aic.gov.au/publications/tandi/tandi346

https://www.psychologytoday.com/us/blog/wicked-deeds/201506/serial-killers-modus-operandi-signature-staging-posing

 

YesDok Ads