APA ITU KATETERISASI JANTUNG? SIMAK PENJELASANNYA YUK

April 02, 2024 | Dea

kateterisasi jantung, kateterisasi jantung adalah, tindakan kateterisasi jantung, proses kateterisasi jantung, fungsi kateterisasi jantung, prosedur kateterisasi jantung, makanan pasca kateterisasi jantung, yesdok

Sobat Yesdok, Kateterisasi jantung adalah prosedur medis invasif yang menilai kondisi pembuluh darah dan jantung secara keseluruhan. Prosedur ini memberikan dokter informasi penting tentang bagaimana jantung berfungsi dan dapat membantu dalam diagnosis dan perawatan berbagai masalah jantung. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung, juga disebut kateterisasi kardiak adalah prosedur di mana tabung panjang dan tipis yang dimasukkan melalui pembuluh darah, biasanya yang berasal dari tungkai atau pergelangan tangan, dan dibawa menuju jantung. Dokter dapat melakukan berbagai prosedur diagnostik atau terapeutik setelah kateter masuk ke jantung.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait kateterisasi jantung, antara lain:
 

1. Angiografi Koroner

Dengan menggunakan zat kontras yang disuntikkan melalui kateter, aliran darah ke arteri koroner jantung. Ini membantu menemukan sumbatan atau penyempitan yang dapat menyebabkan serangan jantung atau angina.
 

2. Pengukuran Tekanan

Kateter juga digunakan untuk mengukur tekanan darah di arteri, bilik, dan jantung. Ini membantu menilai fungsi jantung dan menemukan masalah seperti gagal jantung
 

3. Biopsi Jantung

Dalam beberapa kasus, sampel jaringan dari jantung dapat diambil dengan bantuan kateter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 

Kateterisasi jantung sering dilakukan untuk beberapa alasan, termasuk:
 

  • Diagnosis: untuk membuat diagnosis pada pasien dengan gejala yang tampak mencurigakan, seperti nyeri dada atau sesak napas, dan untuk mengetahui sumbernya.
     
  • Evaluasi: untuk mengevaluasi penyakit jantung yang sudah ada, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, atau penyakit katup.
     
  • Penyembuhan: Pemasangan stent untuk membuka arteri yang tersumbat adalah salah satu contoh kasus di mana prosedur ini dapat dilakukan sebagai bagian dari pengobatan.


     

Risiko dan Persiapan

Kateterisasi jantung memiliki risiko yang relatif rendah, seperti prosedur medis lainnya. Beberapa risiko yang mungkin terjadi termasuk reaksi alergi terhadap zat kontras, infeksi, atau kerusakan pada pembuluh darah. Dokter akan menjelaskan prosedur kateterisasi jantung dan memberitahu anda apa yang harus dilakukan sebelum prosedur, termasuk apa yang tidak boleh dimakan atau diminum sebelum prosedur.

Salah satu langkah penting dalam diagnosis dan pengobatan gangguan kardiovaskular adalah kateterisasi jantung. Untuk memastikan bahwa mereka membuat keputusan yang tepat tentang kesehatan jantung mereka, individu yang mungkin memerlukan kateterisasi jantung harus berbicara dengan dokter mereka tentang prosedur ini, termasuk manfaatnya, risikonya, dan persiapan yang diperlukan. Prosedur ini meskipun invasif.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/cardiac-catheterization

https://medlineplus.gov/ency/article/003419.htm

https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cardiac-catheterization/about/pac-20384695

 

YesDok Ads